Home / Beranda / Memilih Peserta dengan Baik, Kunci Pontianak Juarai FSBM XII

Memilih Peserta dengan Baik, Kunci Pontianak Juarai FSBM XII

mabmoline.org, sekadau—Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII telah resmi ditutup pada Sabtu (10/11) di Kabupaten Sekadau. Pada sesi penutupan tersebut dikukuhkanlah kontingen Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kota Pontianak sebagai Pemenang. Kemenangan tersebut tidak lain atas banyak usaha yang salah satunya adalah dengan menentukan dengan baik peserta yang akan ikut pada tangkai-tangkai yang diperlombakan.

“Tetap seperti biasa setiap tahun menjelang pelaksanaan FSBM kami melakukan pertemuan-pertemuan untuk menentukan orang-orang yang dibawa,” ungkap Cecep, perwakilan MABM Pontianak saat diwawancarai setelah penyerahan piala FSBM, Sabtu (10/11).

Cecep mengatakan, agar pada setiap tangkai mendapat juara, mereka memang memilih peserta yang ikut dengan baik. Barulah setelah itu mereka melakukan latihan-latihan agar potensi yang dimiliki peserta dapat maksimal. “Kita proses latihan yang cukup lumayan. Memakan waktu satu sampai dua bulan juga,” tambah Cecep.

Pada FSBM ini, kontingen MABM Pontianak, tidak mengikuti seluruh tangkai yang diperlombakan. Hal tersebut diakui Cecep. Ia mengakui bahwa kontingen MABM Pontianak tidak dapat ikut semua tangkai yang diperlombakan yang dikarenakan keterbatasan anggaran. Namun, dengan upaya keras mereka bisa meraih enam juara pertama dan dua juara tiga. “Meskipun telah mendapat bantuan dari pihak terkait,” tambahnya.

Begitulah sedikit trik umum yang ditempuh pengurus MABM Pontianak yang sering kali maju sebagai juara umum FSBM termasuklah sebagai juara umum FSBM XII. Adapun rekapitulasi secara lengkap peringkat perolehan masing-masing kontingen MABM adalah. Peringkat 1, kontingen MABM Pontianak. Peringkat 2, kontingen MABM Sintang. Peringkat 3, kontingen MABM Kayong Utara. Peringkat 4, kontingen MABM Sekadau. Peringkat 5, kontingen MABM Kapuas Hulu. Peringkat 6,  kontingen MABM Singkawang. Peringkat 7, kontingen MABM Melawi. Peringkat 8, kontingen MABM Sanggau. Peringkat 9, kontingen MABM Kubu Raya. Peringkat 10, kontingen MABM Sambas. Peringkat 11, kontingen MABM Bengkayang. Peringkat 12, kontingen MABM Mempawah. Peringkat 13, kontingen MABM Landak. Peringkat 14 kontingen MABM Ketapang.

Check Also

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *