Home / Beranda / Mengenang 40 Hari Wafatnya Awang Sofian Rozali

Mengenang 40 Hari Wafatnya Awang Sofian Rozali

oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABMKB) menggelar yasinan dan tahlilan di Balairungsari Rumah Melayu, Ahad malam (9/3). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mengenang 40 hari wafatnya mantan Sekretaris Umum MABMKB, yakni (Alm) Drs. H. Awang Sofian Rozali, M. Si. Kegiatan ini didukung pihak keluarga almarhum yang ada di Pontianak. “Kami berterima kasih kepada pihak keluarga atas kerelaannya dan keikhlasannya sehingga mengizinkan kami (MABMKB) untuk menggelar acara tahlilan pada malam hari ini,” ujar Chairil selaku Ketua Umum MABMKB.

Awang Sofian Rozali merupakan aktivis dan sesepuh HMI Kalbar. Selain itu, almarhum juga merupakan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat. Semasa hidupnya beliau mendedikasikan dirinya dalam merintis MABMKB bersama pendiri lainnya. “Beliau merupakan pendiri dan penggagas MABMKB bersama kami dahulu,” tambah mantan Rektor Universitas Tanjungpura ketika menyampaikan kata sambutan.

H. Awang Sofian Rozali meninggal dunia di RS Antonius Pontianak 40 hari yang lalu. Almarhum sebelumnya sempat menjalani operasi jantung di RS Gatot Jakarta. Almarhum dikenal dengan pribadi yang senang bekerja keras. Beliau aktif di berbagai organisasi di samping tugas utama almarhum sebagai anggota DPRD. Di antara banyak organisasi yang almarhum geluti, MABM merupakan satu di antara organisasi yang paling dicintai. “Saya dapat cerita dari istri almarhum bahwa satu di antara organisasi yang paling dicintainya adalah MABM. Kita tahu beliau sangat banyak memegang jabatan di organisasi lain,” ungkap Chairil.

Acara yasinan dan tahililan yang dimulai selepas Maghrib tersebut berakhir sekitar pukul 9 malam. Acara tersebut dihadiri tokoh masyarakat, pengurus MABMKB, pihak keluarga dan tetangga almarhum dari Jeruju, dan para santri dari Mathla’ul Anwar. Acara tersebut dimulai dengan zikir, solat Isya berjamaah, dan pembacaan yasin, tahililan, dan doa. Rangkaian acara dipimpin langsung oleh Bapak H. Sabhan A. Rasyid.

Acara mengenang wafatnya H. Awang Sofian Rozali ini dihadiri ratusan jamaah. Pihak MABM Kalbar selaku penyelenggara juga sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah rela memberikan waktu dan doa kepada almarhum dan semua rekan yang saat ini sedang mengalami musibah dari Allah Swt. “Kami dari pihak MABM mengucapkan banyak terima kasih kepada semua hadirin karena telah rela meluangkan waktu dan doa untuk almarhum dan semoga keluarga besar yang ditinggalkan selalu diberi kekuatan,” pungkas Chairil dalam sambutannya malam tadi.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *