Home / Jurnalisme Warga / Modus Penipuan Via Internet

Modus Penipuan Via Internet

Oleh Rolah Sri Rejeki Situmorang

MABMonline.org, Pontianak — Sebuah modus penipuan lowongan pekerjaan melalui internet terkuak. Penipuan dilakukan seorang agen X yang mengaku sebagai pimpinan PT Citra Lestari Mandiri.

Sebut saja Pak Badu (37), seorang manajer di sebuah perusahaan sawit di daerah Sanggau,  nyaris menjadi korban penipuan lowongan pekerjaan online yang mengatasnamakan sebuah perusahaan sawit PT Citra Lestari Mandiri, Jakarta. “Suami saya mengirim surat lamaran pekerjaan lewat email yang didapat dari internet tanggal 14 Februari 2013. Tidak sampai seminggu surat lamaran itu mendapat tanggapan serius dari pihak perusahan dan mereka menawarkan gaji sesuai dengan tingkat pendidikan suami saya. Pihak perusahaan juga menjanjikan akan menanggung uang jalan dan ongkos pesawat ke Jakarta, di perusahaan PT Citra Lestari Mandiri,” tutur istri korban ketika dimintai keterangan.

Ditanya lebih lanjut, istri korban menjelaskan kronologi kejadian, “Waktu tanggal 18 Februari, suami saya diminta untuk segera datang ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda dengan penerbangan jam 06.00 sore, di situ pesawat sudah dinyatakan dipesan oleh pihak perusahaan. Siang hari sekitar jam 01.00, agen travel menghubungi suami saya, mereka minta supaya suami saya segera mengirimkan uang ke nomor rekening yang diberikan mereka untuk pembayaran tiket pesawat Garuda. Secara bergantian dengan tenggang waktu sekitar 1 jam, oknum X yang mengaku sebagai pimpinan PT Citra Lestari Mandiri sempat beberapa kali juga menghubungi suami saya, tapi suami saya tidak mengangkat panggilan itu dikarenakan sedang menelpon keluarga kami di Medan. Selesai menelpon, mungkin sekitar jam 05.00, suami saya menghubungi kembali nomor oknum X dan agen travel, tapi ke-2 nomor itu tidak aktif,” jelasnya.

Meskipun demikian, korban sempat nekat untuk berangkat ke Jakarta dengan harapan nomor perusahaan itu akan aktif kembali. Namun, istri korban dengan sigap mengajak suaminya untuk melakukan pengecekan ke Telkom, menghubungi 108 untuk menanyakan kepastian lowongan pekerjaan oleh PT tersebut. Mereka pun terhubung dengan perusahaan PT Citra Lestari Mandiri.

“Pihak PT Citra Lestari Mandiri mengaku sangat terkejut dengan pengaduan suami saya, perusahaan menyatakan bahwa mereka tidak mengadakan tes tahapan berlanjut dan tidak membuka lowongan pekerjaan. Perusahan juga mengakui bahwa PT tersebut memang benar perusahaan milik mereka, tapi email yang dihubungi suami saya bukanlah email perusahaan yang sebenarnya,” jelas sang istri kembali. Dikarenakan hal tersebut, pihak perusahaan berjanji akan menyelidiki kasus tersebut lebih lanjut.

Simak juga kasus serupa: Marak Modus Penipuan Baru via BBM

Ditanyai mengenai perasaan keluarga atas kejadian tersebut, istri korban mengaku sangat kecewa. “Saya sangat kecewa. Karena saya dan keluarga sangat mengharapkan pekerjaan ini. Tapi saya sangat bersyukur, karena kami masih selamat dari sindikat penipuan ini. Saya berharap untuk ke depannya, agar pihak-pihak lain lebih berhati-hati lagi untuk memasukkan lamaran pekerjaan melalui via internet. Harus diselidiki terlebih dahulu, jadi tidak menghabiskan waktu dan tenaga dengan sia-sia,” tutup sang istri ketika diwawancarai di kediamannya di Kota Baru.

Check Also

Penulis Muda, Rohani Syawaliyah

Oleh Hira Wahyuni MABMonline.org, Pontianak — Rohani Syawaliah, seorang sastrawan yang berasal dari Jawai, Sambas, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *