Kabar Terkini
Home » Beranda » Singkawang Pemenang Lomba Tangkai Rancang Motif Melayu

Singkawang Pemenang Lomba Tangkai Rancang Motif Melayu

Motif pemenang lomba tangkai motif melayu, Karya Yuliani

Motif pemenang lomba tangkai motif melayu, Karya Yuliani

Oleh Asmirizani         

MABMonline.org, Sambas —Ramai pengunjung melihat motif-motif yang dipajang. Pola motif sangat indah dan dipoles warna yang cerah. Adapun nama-nama motif indah itu adalah bawang serati, bunga serai tempayan tajau, kain lungi perahu kajang, pucuk pakis di semak gambut, serumpun kite bersatu, kembang setaman, bunga malai, naga berlimbur kembang, kerajaan negeri batu bejamban, bunga anggrek, alam bahari paloh, si agung simpor, kiambang bertaut, dan pucuk rebung sirih bertaut.

Motif tersebut dipajang di sebelah kiri aula kantor bupati guna mengikuti lomba tangkai rancang motif Melayu, Rabu (28/8). Motif yang diikutkan lomba berjumlah 14 motif dari 5 kabupaten dan kota. Kota dan Kabupaten yang ikut serta, yaitu Kota Singkawang berjumlah 2 motif, Kota Pontianak 2 motif, Kabupaten Mempawah 2 motif, Kabupaten Ketapang 3 motif, dan Kabupaten Sambas 5 motif.

Motif Melayu yang ikut lomba memanglah sangat memikat mata yang memandang. Terlihat dari adanya seorang pengunjung yang asyik melihat satu di antara motif itu, ”Pola motifnya cantik. Warnanya pun bagus. Saya sangat suka dengan motif-motif melayu ini,” ujar Daida.

Para pemenang Tangkai Rancang Motif Melayu

Para pemenang Tangkai Rancang Motif Melayu

Satarudin yang mengumumkan hasil pemenang lomba tangkai motif melayu tidak bisa menjelaskan lebih rinci mengenai motif-motif yang mengikuti lomba. Pemenang utama lomba tangkai motif melayu adalah motif pucuk rebung sirih bertaut karya Yuliani dari MABM Singkawang dengan total nilai 925.

Walau ramai pengunjung dalam ruangan, pengunjung tidak berdesak-desakan dan tidak saling menimbulkan ketidaknyamanan. Pengunjung tetap ramah dan memiliki rasa persaudaraan antara pengunjung lain sehingga pengunjung merasa aman. “Dari segi keamanan tiap lomba berjalan tertib, begitu juga untuk lomba tangkai rancang motif melayu kali ini. Di sini kita satu jiwa, saling menjaga erat tali persaudaraan,” ujar Karman, ketua panitia FSBM IX.

Begitu juga sesuai himbauan Wakil Bupati Sambas, “mari terus kita tingkatkan rasa keramahan dan persaudaraan. Semoga peserta dan pengunjung betul-betul merasakan serta menikmati suasana kemelayuan dan persaudaraan,” ujar Pabali Musa.

Adanya lomba tangkai motif melayu ini meningkatkan seni budaya untuk terus berkembang, “kita semua merupakan pelanjut seni budaya melayu. Semua ini merupakan ciri khas budaya lokal yang harus kita kembangkan,” ujar Karman.

BIGTheme.net • Free Website Templates - Downlaod Full Themes