Home / Beranda / Nama Kesenian Mendu Diambil dari Teater Berjudul Dewa Mendu

Nama Kesenian Mendu Diambil dari Teater Berjudul Dewa Mendu

Oleh Mariyadi

Sang Sutradara Teater Mendu (Foto Gusti Iwan)
Sang Sutradara Teater Mendu (Foto Gusti Iwan)

MABMonline.org, Pontianak—Menurut cerita, Kesenian Mendu di ambil dari nama sebuah kesenian yang berjudul Dewa Mendu. “Kesenian ini berasala dari Mempawah,” ungkap Satarudin Ramli, sang sutradara teater.

Satarudin Ramli, mengatakan, menurut sejarah, kesenian mendu telah ada sekitar tahun 1871 lalu. Kesenian tersebut diawali dengan 3 orang putra Mempawah dari kampung Malekian desa Semudun yang bernama Ahmad Antu, Ahmad, dan Kapot, mengabdikan diri guna memajukan masyarakat di lingkungannya dengan masing-masing keahlian atau keterampilan yang mereka kuasai. Ahmad Antu mengajar silat mengajar pencak silat. Ahmad memberantas buta huruf mengajarkan tulis baca abjad dan Kapot mengajar mengaji.

Satarudin menambahkan, pada waktu luang, selesai mereka mengabdi, mereka bersama murid-muridnya sering berlatih kesenian. Sampailah pada suatu ketika saat mereka menampilkan hasil berlatih, meraka kebingungan memberi nama kesenian yang akan mereka tunjukan saat itu. secara tidak kebetulan judul cerita yang diangkat saat itu adalah Dewa Mendu dan akhrinya mereka sepakat bahwa kesenian ini di beri nama kesenian mendu.

Selanjutnya kesenian Mendu terus berkembang serta hidup subur di kalangan masyarakat setempat hingga terdengar oleh pihak kerajaan Mempawah dan raja pun ingin menyaksikan Kesenian Mendu. Ternyata raja sangat tertarik dan menyukai sekaligus menyatakan bahwa kesenaian mendu merupakan kesenian milik rakyat di kawasan Mempawah. “Itulah sepintas kilas asal kesejarahan kesenian mendu,” pungkas Satarudin.

Check Also

Kain Tenun Sambas

Kain Tenun Sambas yang biasa di sebut ” Kain Lunggi ” atau Kain Benang Emas. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *