Home / Jurnalisme Warga / Pasar Hongkong Masih Jadi Ikon Singkawang

Pasar Hongkong Masih Jadi Ikon Singkawang

Oleh Sabhan Rasyid

Salah satu pemandangan sudut “Pasar Hongkong” di waktu malam

MABMonline.org, Singkawang— Sebagai kota dengan julukan kota seribu kelenteng, Singkawang selalu diingat orang dengan kekhasan tata kotanya dan tempat-tempat wisata yang tersebar. Singkawang memberikan tawaran kepuasan kepada semua masyarakatnya akan keindahan panorama alam dan tempat-tempat khas yang ada di kota tersebut. Satu di antara tempat tersebut yaitu “Pasar Hongkong”.

Pasar Hongkong selalu menjadi tujuan para penjelajah kuliner pada malam hari. Pasar kagetan ini selalu dipadati dengan gerobak-gerobak makanan dan minuman yang selalu standby sampai dini hari. Pasar hongkong tak pernah libur dari aktivitas jual beli setiap malamnya. Hampir semua masyarakat di Singkawang pernah menjadi konsumen di pasar yang hanya hadir mulai sore hingga dini hari ini.

Seorang penjual nasi padang mengungkapkan bahwa kegiatan berjualan ini dilakukan setiap hari dari sore hingga dini hari. Kebiasaan seperti ini menjadikan pasar hongkong menjadi tujuan wisata kuliner yang tak pernah sepi dikunjungi. Hal ini dikarenakan letak pasar ini yang sangat strategis yakni berada di tengah kota dan bisa diakses dari segala penjuru Kota Singkawang.

Para pendatang yang bertugas di Kota Singkawang atau sebatas berwisata haruslah mampir ke pasar hongkong ini untuk menikmati sajian kuliner yang beragam yang ada di Singawang. Pasar hongkong akan memberikan kesan dan cerita yang tak selalu didapatkan ketika berkunjung ke tempat lain. Pasar hongkong masih dan akan selalu menjadi ikon kuliner yang selalu dikenal di Singkawang sebagai bentuk kekhasan sebuah kota yang beranjak maju.

Check Also

Antar Ajung, Antara Tradisi dan Wisata

Oleh Nabu Sambas—Terdengar gendang rabana dan ratib. Lantunan nama-nama Allah disertai doa selamat dan doa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *