Home / Beranda / Peksimida Kalbar Resmi Digelar

Peksimida Kalbar Resmi Digelar

Seorang peserta lomba membaca puisi sedang beraksi (Foto: Sabhan Rasyid)
Seorang peserta lomba membaca puisi sedang beraksi (Foto: Sabhan Rasyid)

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Kalimantan Barat resmi digelar hari ini, Selasa (6/5). Kegiatan tahunan tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor IV Universitas Tanjungpura Pontianak di gedung Auditorium Untan pagi tadi. Dalam sambutannya, Purek IV Untan berpesan kepada seluruh mahasiswa dan dewan juri perlombaan untuk bersikap objektif dalam melakukan perlombaan dan penilaian. “Kita (mewakili panitia dan juri) semua harus selektif dan objektif dalam melakukan penilaian,” ungkap Purek IV ketika membuka Peksimida.

Pelaksanaan seleksi daerah Peksimida Kalimantan Barat tahun ini akan digelar mulai 6 s.d. 8 Mei 2014. Adapun lokasi yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan, yaitu auditorium dan gedung anex Untan. Adapun cabang lomba yang diperlombakan, yaitu pop, dangdut, keroncong, vokal grup, baca puisi, monolog, dan fotografi. Keseluruhan lomba tersebut merupakan cabang-cabang lomba yang akan diperlombakan di Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) yang akan dilaksanakan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. “Sesungguhnya Peksimida ini merupakan seleksi untuk Peksiminas nanti,” tambah Purek IV.

Peksimida kali ini yang digelar di kampus Untan tidak hanya melibatkan mahasiswa Untan, tetapi seluruh mahasiswa yang ada di Kalimantan Barat. Seusai pelaksanaan pembukaan pagi tadi, pihak panitia langsung menyelenggarakan dua cabang lomba, yaitu menyanyikan lagu pop dan membaca puisi.

Pelaksanaan lomba hari ini berjalan dengan lancar walaupun dari segi jumlah, peserta lomba menyanyi lagu pop menurun dari tahun kemarin. “Dari segi kuantitas tahun ini menurun, tetapi dari segi materi bernyanyi semua peserta sudah bagus,” ungkap seorang juri ketika lomba menyanyikan lagu pop berakhir.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *