Home / Beranda / Pemeran Teater Mendu dan Penari Siap Tampil di Seni Cemerlang-Melayu Gemilang

Pemeran Teater Mendu dan Penari Siap Tampil di Seni Cemerlang-Melayu Gemilang

Oleh Asmirizani

MABMonline.org.Pontianak – Balairungsari Rumah Melayu Kalimantan Barat riuh dengan suara alunan musik melayu pada Selasa siang (26/11). Suara musik itu dihasilkan oleh kelompok pemusik teater mendu. Kelompok pemusik ini merupakan bagian dari kelompok mendu, yang merupakan kelompok teater mendu. Kelompok ini berlatih kembali untuk pemantapan pementasan yang akan dilaksakankan pada acara “Seni cemerlang-Melayu gemilang” mendatang.

Pemeran sebagai Jin beradu akting (Foto Gusti Iwan)
Pemeran sebagai Jin beradu akting (Foto Gusti Iwan)

Kelompok yang beranggotakan 20 orang ini terlihat antusias berlatih. Latihan ini terlihat berjalan lancar dan khidmat. Terlihat juga penampilan pemain telah hampir benar-benar siap tampil. Seperti halnya yang diungkapkan Satarudin Ramli sebagai sutradara, ”Persiapan kita sudah 90%. Ini hanya latihan pemantapan saja.”

Terlihat seorang pemain yang sedang memerankan Jin di atas panggung dengan totalitasnya. Tampak jelas latihan ini hanya pemantapan saja. “Saya sudah siap 90%. Ini hanya latihan penyesuaian saja.” Tutur pemain yang memerankan Jin, saat ditemui setelah latihan.

Dua ketua sanggar sedang bermusyawarah (Foto Gusti Iwan)
Dua ketua sanggar sedang bermusyawarah (Foto Gusti Iwan)

Sanggar teater mendu nanti akan menampilkan cerita berjudul “Sekuntum Bunga Serai”. Cerita yang berlatar tempat kerajaan. Cerita yang dibalut dengan musik dan tarian-tarian. Penari pun juga berlatih dengan serius dan terlihat telah mantap. Penari akan berkolaborasi dengan teater mendu. Penari akan membawakan tiga jenis tarian, yaitu tarian Bujang Dare Bekaseh, tarian Lenggak-lenggok Nak Dare, dan tarian Kipas.

“Kelompok penari sudah siap 80%, saya yakin nanti akan berjalan lancar dan sukses.” Ujar Kusmindari Triwarti sebagai ketua sanggar Andari.

Check Also

Kain Tenun Sambas

Kain Tenun Sambas yang biasa di sebut ” Kain Lunggi ” atau Kain Benang Emas. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *