Home / Jurnalisme Warga / Pencemaran Sungai Kapuas

Pencemaran Sungai Kapuas

Oleh Novian Suhendar

ikan-matiMABMonline.org, Pontianak — “Kami akan turun mengambil sampel sekaligus menelitinya, apakah terjadi pencemaran air sungai atau tidak”, ujar Kepala BLH Kabupaten Kapuas, Kamis 17 Desember 2012. Ia mengatakan, “untuk pengambilan sampel air akan dilakukan secara bersama dengan instansi terkait, serta petugas laboratorium BLH guna diuji di laboratorium mengetahui kandungan pencemaran yang menyebabkan matinya ribuan anak ikan di sungai Kapuas itu. Selanjutnya, saya hanya memperhatikan dan melihat cara uji mereka dengan sampel tersebut, tidak banyak kata hanya melihat prosesnya saja. Untuk sementara kata Toton, nama panggilan akrabnya, meraka belum bisa memastikan penyebab sehingga anak ikan mengambang dan mati. “Setelah kita melakukan penelitian terhadap air sungai itu baru bisa kita memastikannya”, tegasnya.

Ribuan anak ikan jenis pantik, baung dan ikan lainnya mati di Sungai Kapuas tersebut, yang belum jelas penyebabnya. Tetapi setidaknya, mengambangnya anak ikan ini memberi berkah tersendiri bagi warga masyarakat yang ada di desa daerah tersebut. Menurut Bapak Lisa, salah satu warga desa tersebut mengatakan, “Mengambangnya anak ikan rata-rata sebesar telunjuk tersebut, bahkan sebagian ada yang lebih besar lagi, terjadi jika air sedang surut. Matinya ikan tersebut menimbulkan kecurigaan bagi warga di daerah tersebut, akibat tercemarnya air sungai yang diduga berasal dari sejumlah perusahaan atau pabrik dan lain-lain yang beroperasi di wilayah itu karena ikan banyak ditemukan mati di Sungai Kapuas pada tahun lalu yang ada di areal perusahaan pabrik tersebut.

Sementara itu, tutur Kepala BLH tersebut mengatakan, “sebaiknya jagalah kelestarian lingkungan kita saat ini, karena Sungai Kapuas ini adalah salah satu sungai yang berada dan terluas di Kalimantan Barat khususnya Pontianak. Jangan sampai kita sebagai generasi penerus merusak dan tidak menjaganya dengan baik, tuturnya dengan tegas terhadap rekan dan kepada saya”.

Check Also

Karman: Kita Merasa Sangat Puas dengan Kinerja Dewan Juri

Oleh Mariyadi MABMonline.org, Sambas—Karman, ketua panitia Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-IX, merasa puas dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *