Home / Jurnalisme Warga / Pengkang, Cita Rasa Khas Kalimantan Barat

Pengkang, Cita Rasa Khas Kalimantan Barat

kuliner Kalbar dari PenitiOleh Dina Apriana

MABMonline.org,PontianakPengkang adalah makanan sejenis lemper yang terbuat dari pulut atau ketan yang berisi udang ebi. Kemasannya unik dengan bungkus daun pisang berbentuk segitiga sama kaki yang dijepit dengan bambu. Cara memasaknya setelah pulut menjadi aron dan dibungkus kemudian dibakar. Pengkang dapat Anda temui di seluruh daerah di Kalimantan Barat, tetapi yang paling terkenal ialah Desa Peniti, karena di sana terdapat rumah makan spesialis Pengkang dengan nama Pondok Pengkang yang telah berdiri sejak tahun 1934.

Pengkang merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang yang telah dikenal banyak orang di Indonesia. Selain rasanya yang gurih dan legit karena perpaduan ketan asli dan ebi, pengkang juga sifatnya mengenyangkan, selain itu pengkang berguna sebagai penganan ketika minum teh atau kopi. Konon pengkang juga dahulu sering dijadikan sebagai bekal orang-orang yang berburu ke hutan atau berkebun dan berladang karena praktis. Hal senada diungkapkan oleh seorang pengunjung yang memang warga asli Desa Peniti, Ahmad, “Pengkang dulu banyak dijadikan sebagai bekal bagi orang yang pergi ke hutan, berladang atau berkebun.”

Karena kepopulerannya, Pengkang banyak tersedia di warung-warung kecil hingga restoran di Pontianak. Akan tetapi, cita rasa yang dihasilkan seringkali tidak sama bahkan kurang lezat dan kurang legit. “Kelegitan pengkang akan berbeda jika bahan dasarnya (pulut) tidak asli. Artinya, kualitas pulut sangat memengaruhi, jika pulut bercampur dengan beras, Pengkang akan pecah dan tidak legit,” ungkap Ahmad.

Pengkang biasanya dinikmati dengan sambal yang sering disebut dengan sambal petis atau dengan sambal kepah yang banyak terdapat di daerah Peniti. Namun, menurut Ahmad, tanpa ditambahkan sambal pun sebenarnya pengkang sudah sangat lezat untuk dinikmati. Mantap!

Mau mencoba?

Check Also

Antar Ajung, Antara Tradisi dan Wisata

Oleh Nabu Sambas—Terdengar gendang rabana dan ratib. Lantunan nama-nama Allah disertai doa selamat dan doa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *