Home / Jurnalisme Warga / Permainan Rakyat Satukan Mahasiswa Bahasa Indonesia

Permainan Rakyat Satukan Mahasiswa Bahasa Indonesia

Oleh Dwi Setiawan

MABMonline.org, Pontianak — Aksi Permainan Rakyat Anak Sastra (APRAS), adalah satu di antara acara yang akan diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia setiap tahunnya dalam rangka menjaga tali persaudaraan dan silaturahmi antar mahasiswa jurusan tersebut. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua panitia APRAS Muhamad Nazirin, “Tujuan diadakan kegiatan iniadalah untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Bahasa Indonesia terutama anggota Himbasi setelah masa pengaderan mahasiswa baru.”

Menurut Nazirin, kegiatan ini juga merekatkan kembali hubungan mahasiswa antar angkatan setelah mahasiswa baru melaksanakan pengaderan himpunan. “Setelah melalui masa pengaderan himpunan yang hampir memakan waktu satu semester lamanya, sudah selayaknya ada sebuah kegiatan yang akan merekatkan kembali hubungan antara senior dan junior yang selama kegiatan pengaderan tersebut sangat terbatas. Juga sebagai sarana refreshinganggota Himbasi dari rutinitas sehari-hari.” Ungkap Nazirin.Nazirin menambahkan, “Kegiatan ini merupakan kali ketiga atau memasuki tahun ketiga  kegiatan ini dilaksanakan, pada dua tahun sebelumnya kegiatan ini juga telah dilaksanakan dan berjalan sukses”. Hal tersebut yang mendasari dilaksanakannya kegiatan APRAS tahun ini, selain untuk mempererat tali silahturahmi antar mahasiswa, juga sebagai sarana penyegaran mahasiswa Bahasa Indonesia dari rutinitas kegiatannya sehari-hari.

Salah satu mahasiswa baru Bahasa Indonesia angkatan 2012, Lukman Nul Hakim juga mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan ini. Menurutnya “kegiatan ini bagus dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana mengenal lebih dekat kakak-kakak dan abang-abang tingkat kita. Karena selama ini kami belum mengetahui bagaimana sifat asli dari kakak dan abang tingkat kita, dan bisa dijadikan ajang kumpul-kumpul dengan teman-teman dan abang-abang tingkat.”

Adapun kegiatan akan diselenggarakan panitia dari tanggal 18 sampai dengan tanggal 25 maret 2013 dan akan mempertandingkan permainan rakyat sepertilomba makan kerupuk, balap karung, balap kelereng, tarik tambang, bola dangdut, balap egrang, dan gala hadang.Dengan pesertanya diikuti oleh perwakilan setiap kelas mahasiswa yang masih aktif kuliah. “Rencanaya seluruh kegiatan ini akan dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Untan”. ungkap Nazirin.Saat ditanya tentang kesiapan panitia, Nazirin mengaku persiapan panitia sudah matang dan siap menggelar kegiatan ini. “Persiapan panitia sudah matang, tinggal kita laksanakan saja. Jika ada kendala saat pelaksanaan,kami penitia akan bertindak cepat.” Ungkapnya.

Check Also

Penulis Muda, Rohani Syawaliyah

Oleh Hira Wahyuni MABMonline.org, Pontianak — Rohani Syawaliah, seorang sastrawan yang berasal dari Jawai, Sambas, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *