Home / Budaya / Permainan Tradisional Melayu (2)

Permainan Tradisional Melayu (2)

Oleh Sabhan Rasyidpong

MABMonline.org— Penelusuran terhadap kekayaan budaya di Kabupaten Sambas yang berupa permainan tradisional saya lanjutkan di pusat “kota” Sambas. Setelah menanyai beberapa masyarakat dan kepala desa, saya berhasil menemui Bapak Muin Ikram. Seorang tokoh budaya Melayu Sambas yang menurut pengakuan beliau, beliau juga merupakan anggota MABM Kabupaten Sambas. Dalam proses pengambilan data permainan tradisional, Bapak Muin Ikram menuturkan beberapa jenis permainan rumahan yang khas dan akrab dengan masyarakat Melayu Sambas.

Kekhasan permainan tradisional Melayu yang akan saya paparkan dalam tulisan ini terdapat pada kandungan lagu-lagu dalam prosesinya. Lagu-lagu yang digunakan merupakan lagu dalam bahasa Melayu Sambas yang dinyanyikan dengan nada dan irama tertentu. Berikut beberapa jenis permainan Melayu Sambas dengan kandungan lagu-lagu khas dalam bahasa Melayu Sambas. 

1. Pong Pong Alo’

tutup mate

Permainan ini merupakan permainan tradisional yang dilakukan di rumah. Para pemain biasanya merupakan anggota keluarga dalam satu rumah atau sesama teman. Permainan ini tidak melibatkan alat. Pemain hanya perlu menggunakan tangan yang dikepal untuk disusun vertikal. Sambil menyusun tangan seperti demikian, para pemain akan menyanyikan lagu dalam bahasa Melayu Sambas secara bersama-sama.

Setelah menyanyikan lagu secara bersama-sama, satu pemain akan memasukkan jari telunjuk di tengah kepalan tangan yang sebelumnya telah disusun. Pemain tersebut akan mengatakan “batang ape to’?” (Pohon apa ini?). Setelah itu, pemain lain akan menjawab dengan nama sebuah pohon dan mereka seolah-olah akan menebang pohon tersebut. Adapun lagu yang dinyanyikan dalam permainan ini sebagai berikut.

“” pong pong alok

alok simari tiong . . .”

2.    Lem Lem Ta’

Permainan ini dilaksanakan dengan melibatkan banyak pemain. Semakin banyak pemain yang terlibat, permainan akan berlangsung dengan semakin seru. Permainan ini merupakan permainan mencari dan menebak pemain lain dengan cara meraba dengan keadaan mata tertutup. Anak-anak Melayu Sambas biasanya menggunakan kain kecil untuk menutup pemain yang bertugas menebak. Sambil melakukan pencarian dan penebakan nama pemain, para pemain akan menyanyikan lagu sebagai berikut.

lem lem tak,aji mahmud,

sallem butta’, kerundong sammut

3.    Wak Wak Ampe’

Permainan ini merupakan permainan yang biasanya dilakukan oleh seorang ayah bersama anaknya yang masih kecil. Seorang ayah akan berbaring dengan lutut ditekuk dan diangkat ke atas. Anak yang masih kecil akan menaiki tekukan lutut sang ayah untuk kemudian di ayun ke atas dan ke bawah secara perlahan. Sang anak biasanya akan tertawa dan senang karena seorang ayah akan menyanyikan lagu khusus sebagai berikut.

wak wak ampe’, ampe’ simari tiong

peluak pala’ nase’

laok pala’ tengkuyong

kan ape beliong kan nabang aor

kan ape aor kan jullok bulan

kan ape bulan

kan maingan sannong”

 

Check Also

Kuda Lumping Di Tanah Perantauan

Oleh Fitri Aprilliyah Pontianak--Liuk gemulai gerakan tubuh, diiringi suara rancak gamelan yang mendayu-dayu. Letusan kecil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *