Home / Beranda / Pertunjukan Silat Singkawang Kalahkan Enam Pesaingnya

Pertunjukan Silat Singkawang Kalahkan Enam Pesaingnya

Oleh Mariyadi

MABMonline.org,Putussibau—Sepuluh pesilat dari MABM dari kabupaten/kota beradu gaya silat dalam Tangkai Lomba Silat dalam agenda Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X di Gedung Indo0r Voly, Jalan Gajah Mada, Putussibau, Minggu (21/12/14). Dalam lomba tersebut penampilan pesilat Kontingen Kota Singkawang juara 1.

Ilyas Buhari, pelatih pesilat dari Singkawang mengatakan sangat gembira dan bangga dengan prestasi yang diperoleh anak didiknya. Namun ia mengatakan masih belum puas jika sejumlah kontingen tidak ikut serta dalam acara ini. Seharusnya, apabila semua kontingen ikut, maka silat seluruh Kalimantan Barat dengan mudah tercover. “Menang atau kalah itu kemudian. Khazanah budaya itulah yang harus semua tercover,” tambahnya.

Ilyas mengakui bahwa kemenangan ini merupakan buah dari kerja keras dan usaha gigih anak didiknya. Pengalaman sebagai pelatih silat dan pengalaman ikut FSBM tahun lalu membuat ia bisa mengetahui alur-alur dan pembagian waktu yang pas pada setiap sesinya. Ilyas juga mengatakan bahwa saat hendak mengikuti agenda FSBM X, anak didiknya hanya berlatih selama 3 minggu, itu pun hanya sembilan kali. “FSBM di Sambas kita juara 2. Kita juga ada unsur olah raga, seni silat dan kita utamakan unsur budayanya,” tambahnya.

Saat membacakan pemenang satu di antara juri mengatakan, beberapa hal harus diperhatikan saat perutunjukan silat, di antaranya keserasian musik dengan gerakan silat. Apabila ada dialog, maka musik harus pelan agar tidak mengganggu dialog. Selanjutnya alur cerita dan gerak silat juga harus sesuai sinopsis. Variasi musik juga menentukan kreatifitas sebuah seni pertunjukan silat. “Pesilat harusnya memanfaatkan sound yang ada disediakan panitia,” tambah ketua dewan juri itu.

Lomba tersebut juga dihadiri Chairil Effendy, Ketua Umum MABMKB beserta rombongan dan diramaikan ratusan masyarakat yang antusias menyaksikan dan merasakan adrenalin pertunjukan pencak silat. Untuk urutan peringakat, juara harapan 3 dimenangkan oleh Kontingen Kabupaten Sekadau. Juara harapan 2 dimenangkan oleh Kontingen dari Kabupaten Sambas, juara harapan 1 dimenangkan oleh Kontingen dari Kabupaten Sintang, juara 3 dimenagkan oleh Kontingen dari Kabupaten Ketapang, juara 2 dimenangkan Kontingen dari Kabupaten Kapuas Hulu.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *