Home / Jurnalisme Warga / Pesan Cornelis untuk Rusman-Hermanus

Pesan Cornelis untuk Rusman-Hermanus

oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Kubu Raya– Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya terpilih Rusman Ali dan Hermanus berlangsung khidmat, Senin (17/2). Acara yang dilangsungkan di Kantor Bupati Kubu Raya tersebut dihadiri beragam kalangan, dari Muspida, DPR RI hingga awak media lokal. Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis.

Setelah melaksanakan prosesi pelantikan dan sumpah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya terpilih, Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menyampaikan sambutannya. Dengan gaya khasnya, Cornelis menyapa hadirin dengan sapaan ala Inggris. “Ladies and gentlement, good morning,” sapa Cornelis membuka sambutannya.

Cornelis dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Muda Mahendrawan dan wakilnya atas pengabdian dan perjuangan selama ini. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada bupati periode lalu yang telah bekerja dengan baik selama menjabat,” ungkap mantan Bupati Landak tersebut.

Dalam sambutannya, pesan pertama yang disampaikan Cornelis kepada bupati dan wakil bupati terpilih ialah tidak boleh sombong karena semua ini adalah titipan dan amanah dari Tuhan dan masyarakat. “Selamat bekerja dan tidak ada pasang-pasang baliho lagi, kerjakan amanah sesuai dengan UU yang berlaku, tidak boleh sombong, kalau sombong sebentar saja akan runtuh,” pesan Cornelis untuk Rusman-Hermanus.

Gubernur Kalimantan Barat tersebut juga menyampaikan bahwa tugas utama bupati adalah menjaga keamanan dan ketertiban di daerah yang dipimpin. “Tugas utama saudara adalah menjaga keamanan dan ketertiban di daerah saudara,” tutur Cornelis lantang.

Selain pesan menjaga ketertiban, Cornelis juga mendesak bupati dan wakil bupati terpilih untuk memperbaiki sistem birokrasi di lingkungan pemerintahan Kubu Raya. “Saya kasih batas waktu satu minggu untuk perbaiki birokrasi, yang hanya bisa menjilat tolong lepaskan,” tegas gubernur Kalimantan Barat dua periode tersebut.

Cornelis dalam sambutannya yang berlangsung lebih kurang 30 menit tersebut juga membacakan anggaran pemerintah provinsi yang dikucurkan kepada Kubu Raya. Gubernur menyampaikan bahwa dana ini harus dimaksimalkan penggunaannya dan tepat sasaran. “Untuk Kubu Raya, total kita kucurkan 128,787 milyar rupiah, tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam penggunaannya.”

Sambutan yang cukup panjang tersebut diakhiri Cornelis dengan tetap menyampaikan selamat kepada bupati dan wakil bupati untuk menjalankan amanah dengan baik. Acara akhirnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri dan ditutup dengan doa oleh Ustadz Husein dari MUI Kubu Raya.

Check Also

Budaya Korea “Meledak” di Indonesia

Oleh : Ahmad Yani MABMonline.org, Pontianak — Pada era globalisasi saat ini faktor budaya merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *