Home / Jurnalisme Warga / “Pisang Sale” Makanan Khas Kubu Raya

“Pisang Sale” Makanan Khas Kubu Raya

Pisang Sale Makanan Oleh-oleh khas kubu raya dari batu ampar yang nikmat dan menggugah selera penikmat.

Oleh Elny Zunia

MABMonline.org, Pontianak– Pisang sale adalah makanan oleh-oleh khas Kubu Raya yang di buat dari  daerah Batu Ampar. Makanan yang terdengarnya  sepele namananya, akan tetapi makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat, dan menggugah selera penikmat. Meskipun makanan ini hanya terbuat dari pisang, akan tetapi banyak penikmatnya. Pembuatan pisang sale ini tidak terlalu sulit. Pisang sale yang terbuat dari pisang rawa yang sudah masak yang kemudian dipanggang di atas asap, seperti memenaggang sate. Proses pemanggangan pisang sale ini kira-kira 15 menit, jangan terlalu gosong, karena jika gosong akan merubah rasa pisang sale tesebut.

Baca juga: Cornelis Harap Kafilah Kalbar Catat Prestasi di Tingkat Nasional

Pemasaran pisang sale ini juga mudah karena banyak konsumen yang berminat untuk merasakan rasa nikmatnya pisang sale tersebut. Sudah satu tahun Pak Amri merintis usaha sebagai penjual pisang sale di daerah Batu Ampar. Pak Amri memiliki karyawan yang membantu usahanya agar berjalan dengan lancar. Karyawan pak amri merasa puas karena jualannya selalu laris dan diminati setiap orang, meskipun ada yang tidak suka dengan makanan tersebut, tetapi pemasarannya selalu lancar dan laku. Salah satu konsumen pak amri mengatakan bahwa pisang sale pak amri itu sangat menggugah selera, apa lagi mencium bau khas pisang sale tersebut.

Pak Mukhlis salah satu karyawan penjual pisang sale merasa sangat puas atas pemasaran yang dilakukan. Sampai suatu hari beliau gelagapan karena kekurangan pemasukan bahan makanan itu karna begitu banyak konsumen yang memesannya. Usahanya tidak hanya dipasarkan di daerah batu ampar, tetapi pemasarannya juga di daerah anjungan. Pak muklis menjual pisang sale di daerah anjungan dan memasuki daerah-daerah lain. usahanya sampai saat ini masih tetap lancar. Pisang sale ini menjadi oleh-oleh khas kubu raya yang selalu diminati oleh orang-orang kubu raya.

Check Also

Sigondah: Meriam Dahsyat Peninggalan Kerajaan Mempawah

Oleh Kinanti Wulandari Hijau dan damai, kata yang dapat mewakili suasana di tempat ini. Suara burung-burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *