Home / FSBM X / Puluhan Mobil Hias Meriahkan Pawai Budaya FSBM X

Puluhan Mobil Hias Meriahkan Pawai Budaya FSBM X

Satu di antara mobil hias peserta Pawai Budaya
Satu di antara mobil hias peserta Pawai Budaya

MABMonline.org, Putussibau—Puluhan mobil hias dari beberapa MABM kota/kabupaten dan berbagai instansi Kapuas Hulu memeriahkan Pawai Budaya, Kamis (18/12/14). Pawai tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Hulu yang juga sekaligus membuka secara resmi stan pameran stan di GOR Uncak Kapuas.

“Kita dimeriahkan mobil hias yang berjejer dan beberapa roda dua juga,” ungkap Abdullah Usman, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara FSBM X saat memberikan kata sambutan.

Menurut Usman, mobil hias tersebut akan dinilai dan dicari pemenangnya. Besarnya nilai tergantung dengan semaraknya hiasan tiap mobil. Selain semarak, hiasan juga tidak banyak boros dana.

Adapun rute yang ditempuh para peserta pawai dimulia dari Kantor Bupati Kapuas Hulu dan berakhir di GOR Uncak Kapuas. Diperkirakan jumlah mobil hias yang mengikuti pawai sebanyak 39 buah. Instansi pemerintahan menghias mobil mereka dengan replika rumah Melayu dan perahu. Adapula yang membuat replika nyamuk, ikan, jembatan, dan rambu lalu lintas.

Chairil Effendy, Ketua Umum MABMKB mengatakan bahwa pihak MABM Provinsi sangat mengapresiasi persiapan dan keikutsertaan beberapa SKPD dan organisasi sosial dalam memeriahkan pawai budaya. “Pawai juga paling ramai dan paling variatif, meskipun MABM kota/kabupaten tidak terlampau banyak, tapi setiap SKPD dan organisasi sosial di sini sangat berkontribusi,” ungkap Chairil Effendy,

Dalam kesempatan tersebut, Chairil juga mengatakan bahwa FSBM rencananya akan dilaksanakan dua tahun sekali. Menurutnya hal tersebut menurut pertimbangan kesiapan setiap daerah yang menjadi tuan rumah dan MABM kota/kabupaten yang lain. Ia Juga mengatakan bahwa setelah ini rencananya FSBM akan dilaksanakan di kota Singkawang. “Mudah-mudahannya FSBM XI nanti di Singkawang agar lebih baik, setidak-tidaknya setaralah,” harap Chairil.

Selain diisi dengan pawai, sebelum pembukaan, para undangan dan penonton dihibur dengan penampilan tari-tarian yang diiringi marching band SMAN 1 Putussibau.

 

 

Check Also

Memperkenalkan Upacara Adat Melayu dari Setiap Daerah di Ekshibisi Adat

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi upacara adat Melayu yang diikuti enam kontingen telah terlaksana di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *