Home / Beranda / Putar Terlama, Gasing dari Kubu Raya Ungguli Tangkai Uri Gasing

Putar Terlama, Gasing dari Kubu Raya Ungguli Tangkai Uri Gasing

mabmonline.org , Sekadau – Tangkai Uri Gasing yang diikuti oleh kontingen kabupaten MAMB Se-Kalbar dimenangkan oleh Kubu Raya, Kamis, (8/11)

Setiap kontingen mengadu gasing dalam putaran yang terlama. Gasing yang paling lama berhenti berputar itulah pemenangnya.

Pak De memegang dua piala yang di raih pada Tangkai Uri dan Pangkak Gasing

Putaran gasing selama 20 menit 8 detik milik Gustian (70) menjadi pemenang di tangkai Uri Gasing. “Kali ini saye menang juara satu. Sebelumnya tiga kali mengikuti MABM ini menjadi juara 3 berturut-turut.” Tutur Gustian.

Kecintaan Gustian, biasa dipanggil Pak De, terhadap gasing sudah dari remaja. Adanya sarana pertemuan sesama puak Melayu di Festival MABM, membuat beliau bersemangat untuk kembali bermain gasing.

“Saye dari kelas 2 Madrasah suka olahraga. Olahraga apapun saye ikuti, termasuk olahraga tradisional gasing.” Cerita Gustian.

Tidak hanya bermain sendiri, Pak De mengajak beberapa pemuda untuk bermain gasing.

“Alhamdulillah, kali ini saye bawa beberapa anak muda untuk memainkan gasing, khususnya untuk grup pangkak gasing.”

Bermacam tangkai yang diadakan bukan sekadar mencari kalah dan menang. Ada hal penting, seperti menjaga silaturahim sesama puak Melayu. “Semoga lomba gasing terus ada dan dikembangkan. Ajang lomba gasing menjadi sarana kebersamaan masyarakat melayu dan menjalin silaturahim”

Harapan Pak De terbesar bagi kaum muda tidak hanya bermain sesuatu yang baru. Pemuda juga memainkan sesuatu yang tradisional untuk mempertahankan. “Saye berharap adenye pemuda yang suka bermain gasing. Perlu diadakan seperti sosialisai gasing secara berkala bagi pemuda.” Ungkap Pak De

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *