Home / headline / Rabu Depan, Ada yang Beda dengan Seragam PNS

Rabu Depan, Ada yang Beda dengan Seragam PNS

Oleh Mariyadi

mambonline.org, Jakarta—Rabu depan (10/2/2016), akan ada perbedaan pada pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kemendagri dan Pemerintah daerah. Mereka akan berseragam kemeja putih.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 6 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 6 tahun 2016. Dengan terbitnya peraturan tersebut, PNS lingkup kemendagri dan Pemerintah Daerah wajib memakai kemeja putih.

Tidak hanya itu, Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) juga melarang penggunaan pakaian dinas selain yang telah ditentukan. Adapun pakaian yang wajib dipakai menurut isi peraturan tersebut: Dengan adanya peraturan baru itu, maka penggunaan seragam dinas pada Senin – Selasa pakaian dinas krem. Rabu kemeja putih. Kamis – Jumat menggunakan batik.

Seperti yang dikutip dalam laman web resmi kemendagri.go.id, Kepala Biro Hukum Kemendagri Widodo Sigit Pudjianto mengatakan, bagi para pegawai negeri sipil (PNS) yang tidak mematuhi aturan tersebut maka akan dikenakan sanksi. Sanksi tersebut dari mulai teguran hingga disekolahkan kembali.

Menurut Widodo, yang dikutip pada laman web kemendagri.go.id , mulai Senin ini (8/2/2016) pakaian dinas PNS lingkup mendagri dan Pemerintah Daerah resmi ditetapkan. Sanksi yang diberikan adalah sesuai dengan isi Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.

“Untuk nomor Permendagrinya baru dikasih kemarin Senin. Jadi hari Senin depan Permendagri seragam sudah diterapkan,” ujar Widodo seperti yang dikutip pada laman web kemendagri.go.id .

Check Also

Memperkenalkan Upacara Adat Melayu dari Setiap Daerah di Ekshibisi Adat

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi upacara adat Melayu yang diikuti enam kontingen telah terlaksana di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *