Home / Budaya / Ragam Agenda Pekan Gawai Dayak 2014

Ragam Agenda Pekan Gawai Dayak 2014

Stand tampak dari atas rumah betang (Foto: Sabhan)
Stand tampak dari atas rumah betang (Foto: Sabhan)

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Pontianak— Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pekan Gawai Dayak XXIX tahun 2014. Kegiatan tahunan tersebut dimulai sejak 20 Mei dan dijadwalkan berakhir pada 24 Mei 2014. Pelaksanaan gawai ini dipadati dengan beragam agenda yang terjadwal, seperti kompetisi budaya, pameran, dan puluhan stand dengan beragam tawaran barang. Kegiatan ini berlangsung lancar hingga hari ini, Kamis (22/5).

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan hari ini meliputi kompetisi menyanyi lagu pop Dayak untuk anak-anak putri dan dewasa, lomba melukis di kanvas, dan pameran stand yang berlangsung dari pagi tadi.

Peserta lomba menyanyikan lagu pop Dayak (Foto: Sabhan)
Peserta lomba menyanyikan lagu pop Dayak (Foto: Sabhan)

Sore hari ini, lomba menyanyikan lagu pop Dayak untuk anak-anak putri telah selesai dilaksanakan. Lomba tersebut ditutup dengan pengumuman para pemenang yang disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Juri, yaitu Tobias Rangi, S.H. Pada pengumuman tersebut Tobias menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan lomba dan harapan tentang lomba tersebut. “Kami telah melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria dan kami mengharapkan para pemenang dapat terus berjuang di kompetisi selanjutnya, papar Tobias.

Selain kompetisi menyanyi, dalam waktu yang bersamaan beberapa peserta melaksanakan lomba melukis di kanvas. Tema lukisan yang diangkat berupa kebudayaan Dayak dan Alam. Beberapa peserta sedang fokus menyelesaikan lukisan ketika wartawan MABMonline.org menyambangi lokasi perlombaan.

Peserta sedang fokus menyelesaikan lukisan (Foto: Sabhan)
Peserta sedang fokus menyelesaikan lukisan (Foto: Sabhan)

Semakin sore, pengunjung datang semakin ramai dan antusias. Hal ini dikarenakan banyaknya stand-stand yang menawarkan beragam produk asli Dayak, mulai kain tenun ikat, gelang manik-manik, hiasan dari gigi binatang, serta makanan khas. Para pengunjung juga dapat menikmati beragam tawaran kuliner mulai dari minuman, kerak telur, sampai kerupuk basah khas Kapuas Hulu.

Aneka produk yang dijual di stand (Foto: Sabhan)
Aneka produk yang dijual di stand (Foto: Sabhan)

Keseluruhan agenda Pekan Gawai Dayak Tahun ini akan ditutup pada malam puncak yang dijadwalkan pada 24 Mei, Sabtu (24/5). Direncakan juga kegiatan ini akan ditutup langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Check Also

Karman: Kita Merasa Sangat Puas dengan Kinerja Dewan Juri

Oleh Mariyadi MABMonline.org, Sambas—Karman, ketua panitia Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke-IX, merasa puas dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *