Home / Beranda / Rifai: Mereka Bernyanyi Melayu Masih Berkesan Dangdut

Rifai: Mereka Bernyanyi Melayu Masih Berkesan Dangdut

 

Foto: Juri sedang mengumumkan pemenang tangkai lagu melayu
Foto: Juri sedang mengumumkan pemenang tangkai lagu melayu

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau—M. Rifai, Ketua Juri Tangkai Lagu Melayu Putra dan Putri mengatakan bahwa peserta yang mengikuti  Tangkai Lagu Melayu, saat bernyanyi masih terkesan bercengkok dangdut. Hal tersebut merupakan kesalahan umum para peserta.

Rifai mengatakan, untuk bernyanyi lagu Melayu, peserta harus melepaskan cengkok-cengkok aliran lain. Menurutnya, setiap aliran lain cengkoknya. Untuk menyanyikan lagu Melayu, cengkok Melayunya harus kuat. “Melayu ada cengkoknya, dangdut ada cengkoknya, pop ada cengkoknya,” ungkap Rifai, setelah mengumumkan pemenang lomba, di Gor Uncak Kapuas, Jumat malam (19/12/14).

Rifai mengakui bahwa penyanyi yang ikut dalam lomba adalah penyanyi yang dasarnya dari penyanyi dangdut. Tidak dapat dipungkiri, saat mereka menyanyikan lagu Melayu, mereka jadi terbawa-bawa cengkok dangdut. “Dasarnya mereka penyanyi dangdut,” tambahnya.

Menurut Rifai suara dari beberapa peserta juga masih belum matang. Masih perlu latihan yang rutin dan ekstra untuk menyanyikan lagu Melayu, baik itu dari segi resonansi, cengkok dan lainnya. Sedangkan untuk kesopanan Rifai mengatakan semua peserta sudah menggambarkan penyanyi Melayu. “Dari segi pakaian sudah baik,” tukas Rifai.

Dalam kesempatan tersebut, Rifai juga berharap, ke depannya lahirlah bibit-bibit baru penyanyi Melayu. Dengan lahirnya bibit-bibit baru, kita dapat mengembangkan lagu-lagu Melayu di Kalimantan Barat. “Dengan adanya acara tahunan seperti ini sudah bagus buat perkembangan Lagu Melayu,” pungkas Rifai.

Begitulah tanggapan juri tentang penampilan peserta. Kalah dan menang adalah hal yang biasa. Yang paling terpenting setiap kontingen telah berusaha semaksimal mungkin demi memeriahkan Agenda Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *