Home / Beranda / Rodat Hadrah Kubu Raya Pukau Hati Juri

Rodat Hadrah Kubu Raya Pukau Hati Juri

DSC_0837
Satu di antara grup rodat hadrah sedang tampil dalam lomba tangkai rodat hadrah

 

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau–Tangkai Lomba Rodat Hadrah telah berlangsung pada Minggu malam (21/12/14). Tujuh Penari Rodat beradu hingga pada akhirnya Penari Rodat Kubu Raya dinobatkan dewan juri sebagai pemenang utama.

Maman, pemain gendang sekaligus pengarah penari.mengatakan kemenangan yang mereka peroleh merupakan yang ke dua kedua setelah FSBM di Sintang kemarin sedangkan tahun sebelumnya, yakni FSBM di Sintang mereka hanya juara 3. “Alhamdulillah kita senang. Semoga juara tahun ini bisa dipertahankan,” tambahnya.

Maman mengatakan, ia bersama beberapa penarinya berlatih Selama 1 bulan. Para penarinya pun ia manfaatkan anak-anak satu gang denganya yakni desa Kapur, Kubu Raya. Untuk gerakan Hadrah yang mereka mainkan, Maman mengatakan ada 20 lebih gerakan. “Gerakan awal kita sebut gerakan gerek ayam,” katanya.

Untuk pola, Maman mengembangkan beberapa pola di antaranya Pola Lurus yang memiliki makna bahwa hidup ini harus bersatu dan merangkul satu sama lain. “Adapula pola bunga rampai,” ungkapnya.

Usmindari Tri Wati Ketua Dewan Juri mengatakan bahwa Rodat yang ikut dalam lomba saat ini telah banyak mengalami perubahan. Ia juga mengataka setiap kabupaten/kota telah memahami esensi Seni Rodat Hadrah yang sesungguhnya. “Sudah banyak peningkatan,” jelasnya saat membacakan pemenang lomba.

Usmindari menjelaskan bahwa dalam Rodat Hadrah ini, setiap kabupaten/kota atau setiap daerah masing-masing punya karakter dan kekhasan tersendiri. Ia juga mengatakan seni pertunjukkan seperti ini ke depannya akan dibicarakan kembali untuk dilombakan atau tidak. “Sejatinya Rodat Hadrah ini masing-masing punya perbedaan dan tidak boleh dilombakan,” tambahnya.

Dalam akhir komentarnya, Usmindari mengatakan jika nanti disetujui seluruh MABM, Rodat Hadrah tidak ada jenjang-jenjang seperti ini lagi namun, lebih menekankan kepada sajiannya, bukan gerak-gerak asli dari rodat tersebut. “Buat sekarang kita hanya menilai beberapa kesalahan gerak dan sumbang saja,” pungkasnya.

Acara yang dimulai pukul 20.00 itu berlangsung dengan aman dan damai, meski sempat mati lampu, acara masih dapat berlangsung. Adapun peringkat pemenang adalah: Juara harapan 3 dimengkan oleh Kota Singkawang, juarah harapan 2 dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Sintang, juara Harapan 1 dimenangkan oleh Kontingen dari Singkawang, juara 3 dimenangkan oleh Kapupaten Melawi 3, dan juara 2 dimenangkan oleh Kontingen Kabupaten Kapuas Hulu.

Check Also

Memilih Peserta dengan Baik, Kunci Pontianak Juarai FSBM XII

mabmoline.org, sekadau—Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII telah resmi ditutup pada Sabtu (10/11) di Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *