Home / Beranda / Rumah Makan Fajar Sajikan Kuliner Ikan Khas Melayu Putussibau

Rumah Makan Fajar Sajikan Kuliner Ikan Khas Melayu Putussibau

DSC_0067

 

MABMonline.org, Putussibau—Tak pelak jika Putusibau yang terkenal dengan daerah perairan punya ragam kuliner ikan. Rumah Makan Fajar di Jalan Kom. Yos Sodarso contohnya. Rumah makan ini menyediakan beragam olahan berbahan dasar ikan dan pastinya merupakan masakan khas Melayu Putussibau. Semua tersaji sesuai selera dan kemampuan pengunjung.

“Masakan khasnya, ikan masak asam pedas,” kata Sakdiah (51) pemilik warung Makan Fajar saat diwawancarai disela kesibukannya menyiapkan hidangan.

Menurut Sakdiah, masakan paling khas diwarungnya adalah ikan asam pedas. Masakan tersebutlah yang paling digemari oleh pengunjung. Sedangkan untuk ragam ikan yang disediakan ada ikan semah, ikan jelawat, ikan baung dan banyak lagi.

Harga jual jenis masakan yang disediakan juga sangat beragam. Mulai dari sepuluh ribu sampai empat puluh ribu. Jenis ikan yang paling mahal adalah ikan semah bakar yang mencapai harga empat puluh ribu perpotongnya. “Ikan semah ini harganya mahal. Dijual ke Malaysia satu juta lebih sekilo,” ungkap Sakdia.

Rumah makan yang telah berdiri sejak lima tahun itu memang tidak asing lagi bagi telinga para pendatang maupun masyarakat asli Putussibau. Menurut Sakdiah, setiap hari rumah makannya menghabiskan puluhan ekor jenis ikan sungai dari pagi hingga malam karena memang rumah makan ini tidak pernah sepi dari pengunjungnya. “Kalau pagi-pagi banyak masakan ikanya,” ungkap Rajak (Suami Sakdiah) saat diwawancarai dalam kesibukannya di meja kasir.

Itulah makanan khas Melayu yang ada di Kapuas Hulu yang memang terkenal dengan daerah sungai dan daerah penghasil ikan.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *