Home / FSBM IX / Sambas Pamerkan Puluhan Barang Peninggalan Jaman Dulu

Sambas Pamerkan Puluhan Barang Peninggalan Jaman Dulu

Kain Songket Sambas, Alat Penanak Nasi, dll.
Barang bersejarah hadir di stan MABM Sambas

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Sambas—Puluhan barang peninggalan jaman dahulu memenuhi pameran stan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sambas. Barang-barang ini akan dipamerkan dari tanggal 24 Agustus hingga 02 September di Jl. Pembangunan tepatnya di depan kantor bupati Sambas. “Barang-barang ini ada yang berusia ratusan tahun,” ungkap Fahrudin, satu diantara petugas penjaga stan MABM Sambas.

Fahrudin sedang memakai selendang songket melayu Sambas.
Fahrudin sedang memakai selendang songket melayu Sambas.

Barang-barang peninggalan tersebut di antaranya 15 Keris Pusaka sebagai hasil perang jaman dahulu. Ada pula Setrika Besi yang menggunakan bahan bakar bara api, Wadah Air Ludah, Penanak Nasi, Pengisar Padi, Lampu, Kain Songket Sambas dan banyak lagi. “Barang-barang pusaka ini kebanyakan adalah kepunyaan H. Subhan Nur yang sengaja mengoleksi barang-barang peninggalan di Sambas,” tambah Fahrudin.

Pada stan MABM Sambas juga menjual berbagai macam songket asli Sambas. “Songket-songket itu ada yang telah berusia ratusan tahun dan merupakan hasil dari alat-alat tenun tradisional. Ada pula songket-songket baru yang bisa pengunjung beli,” tambah Fahrudin.

Menurut Fahrudin, songket-songket itu terdiri dari beratus macam motif. Di antaranya Motif Biji Nangka, Motif Bunga Melati, Motif Mawar Surung, dan banyak lagi. Kain-kain songket ini dijual dengan harga yang beragam dan kualitas yang beragam. Untuk harga satu set pakaian songket Sambas berbahan sutra berkisar antara 1 juta sampai 2,5 juta rupiah. Agaknya kiasan universal “Ada harga, ada barang” itu berlaku juga di sini. Anda berminat?

Check Also

Pantia FSBM IX Sediakan 7 Stan Keamanan dan Kesehatan

Oleh Mariyadi MABMonline.org, Pontianak—Panitia penyelenggara Festifal Seni dan Budaya Melayu (FSBM) IX dalam rangka ulang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *