Home / Beranda / Sampan Bidar, Ketua Harian Podsi Kalbar: Dari Tradisi Menjadi Prestasi

Sampan Bidar, Ketua Harian Podsi Kalbar: Dari Tradisi Menjadi Prestasi

Abdi Nurkamil Mawardi Sumber: Anonim
Abdi Nurkamil Mawardi
Sumber: Anonim

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau—Abdi Nurkamil Mawardi, Ketua Harian Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kalimantan Barat mengatakan bahwa sampan bidar yang sifatnya tradisi selanjutnya bisa dijadikan batu loncatan untuk berprestasi dalam bidang olah raga dayung sampan. “Sampan bidar merupakan khasanah budaya, harus dipertahankan,” kata Abdi saat diwawancara disela Lomba Sampan Bidar, Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X di Sungai Kapuas, Sabtu (20/12/14).

Abdi menjelaskan, dengan adanya kegiatan atau lomba sampan bidarini, paling tidak pihak Podsi dapat menjaring bibit-bibit muda yang berpotensi untuk menjadi atlet dayung andalan Kalimantan Barat. Ia juga mengatakan beberapa peserta yang ikut dalam lomba ini juga merupakan atlet Prapon (satu di antara agenda Podsi tahun 2015) yakni Sambas Kapuas hulu dan mempawah. “Kami sangat berterima kasih kepada MABM,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Abdi juga bercerita tentang agenda PODSI ke depannya, di antaranya event Kalbar Regatta yang akan dilaksanakan se-Kalbar. Terdapat beberapa kategori dalam lomba tersebut dan pihaknya akan mengundang pendayung dari luar negara. “Podsi sedang persiapan Prapon,” pungkasnya.

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *