Home / Beranda / “Sampan Laju” Kota Pontianak Jaya di Muara Ulakan

“Sampan Laju” Kota Pontianak Jaya di Muara Ulakan

Adu Sampan Bidar (Foto Iwan)
Adu Sampan Bidar (Foto Gusti Iwan)

Oleh Gusti Iwan

MABMonline.org, Sambas — Kemeriahan pelaksanaan di sekitar arena lomba Sampan Bidar sangat terasa sekali. Begitu banyak pengunjung yang rela berpanas-panasan untuk menyaksikan perlombaan yang dilaksanakan di Sungai Sambas. Tak kalah ingin turut meramaikan suasana, banyak pedagang kecil yang berjualan di sepanjang jalan menuju istana Alwatzikhoebillah. Mulai dari penjual pakaian, alat dapur, permainan anak-anak sampai pedagang makanan dan minuman menunggu pembeli yang ingin jajan dan minum.

Perlombaan Sampan Bidar ini titik start-nya di dusun Keranji, desa Tanjung Mekar. Sedangkan titik finish-nya berada di Muara Ulakan, kampung Dalam Kaum. Pembukaan juga diramaikan dengan iringan musik Tanjidor. Pembukaan langsung dilakukan oleh Bupati Sambas didampingi oleh Wakil Bupati Sambas, Ketua Umum MABM Kalimantan Barat, Ketua Umum MABM Sambas dan beberapa pejabat daerah. Lomba Sampan Bidar ini memperebutkan hadiah berupa piala dari Ketua Umum MABM Kalimantan Barat dan sejumlah uang pembinaan.

Pemenang, MABM Kota Pontianak
Foto Kontingen Pemenang, Kota Pontianak (Foto Gusti Iwan)

Persiapan Panitia lomba terlihat cukup matang, di sekitar arena lomba terlihat pengamanan oleh sejumlah polisi. Ada petugas kesehatan dan ambulan yang bersiaga, di lintasan lomba juga terlihat pengamanan yang baik untuk keselamatan peserta lomba. Tenaga dari SAR, Polair dan panitia terlihat berkeliling dan menyertai peserta lomba dari atas perahunya masing-masing.

Untuk perlombaan kali ini juara pertama dimenangkan kontingen dari Kota Pontianak, disusul kemudian oleh Kabupaten Pontianak, Kabupaten Sambas, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Bengkayang.

Pembina kontingen Pontianak dalam wawancara mengucapkan terima kasih kepada MABM kota Pontianak yang telah menyampaikan undangan untuk mengikuti lomba. “Tim kami sudah mempersiapkan diri untuk ajang kali ini dengan terus berlatih lebih kurang selama 2 bulan. Bahkan di bulan puasa pun kami tetap berlatih keras, karena event kali ini sangat kami tunggu-tunggu. Alhamdulillah atas kerja keras tim, kami bisa meraih gelar juara pertama,” tambahnya lagi.

Penyerahan Hadiah Oleh Wakil Bupati Sambas (Foto Iwan)
Penyerahan Hadiah Oleh Wakil Bupati Sambas (Foto Gusti Iwan)

Setelah penyerahan hadiah kepada tiap pemenang lomba Sampan Bidar, MABM Sambas juga secara langsung menggelar lomba sampan juga, yang bergelar Sambas Open 2013. Ada sekitar 26 peserta yang turut andil dalam sambas Open 2013 kali ini.
Lomba ini memperebutkan hadiah berupa piala Ketua Umum MABM Sambas dan uang pembinaan.

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *