Home / Beranda / SBY pun Memakai Kain Tenun Sambas

SBY pun Memakai Kain Tenun Sambas

Proses Tenun Kain Sambas (Foto: Iwan)
Proses Tenun Kain Sambas (Foto: Gusti Iwan)

MABMonline.org, Sambas — Jajaran pengurus MABM Kalimantan Barat berkesempatan mengunjungi tempat produksi kain tenun Sambas di kampung Semberang, Sabtu, (24/8).

Rombongan melihat secara langsung model hasil tenunan dengan berbagai jenis bahan sekaligus mengamati proses pengerjaan benang yang ditenun untuk menjadi selembar kain. Untuk menjadi selembar kain ibu Paumiati, salah satu perajin kain tenun Sambas, menjelaskan butuh waktu antara 2-3 bulan.

Ibu Paumiati merupakan perajin binaan Garuda Indonesia 2 tahun terakhir. Semenjak mendapat gelontoran dana CSR Garuda Indonesia, usahanya semakin berkembang.

Ibu Paumiyati menceritakan bahwa usahanya juga pernah dikunjungi oleh Ibu Okke Hatta Rajasa, istri dari Menko Perekonomian RI. Alhasil, tenunannya diboyong Ibu Okke guna dibawa ke pameran di Inggris. “Bangga rasanya, hasil tenun saya dipakai oleh Presiden RI beserta keluarga dalam acara peringatan hari kemerdekaan RI kemarin,” tambah ibu Paumiati, yang sudah puluhan tahun menjadi perajin kain tenun Sambas.

Desain Kain Tenun Sambas (Foto: Iwan)
Desain Kain Tenun Sambas (Foto: Gusti Iwan)

Setelah itu rombongan kembali melanjutkan kunjungan ke perajin yang lain, yaitu Ibu Sahidah. Bersama putranya, Alfian, ibu Sahidah tetap berusaha melestarikan kerajinan tenun Sambas. Bahkan Alfian juga memiliki keinginan besar untuk membuat sebuah museum mengenai kerajinan tenun Sambas.

Menurut ibu Sahidah, anak-anak muda di Sambas sekarang sudah kurang memperhatikan tenun Sambas ini. “Kami pernah menemukan alat tenun berupa Tarrawan dan Luwing  yang hendak dibuang pemiliknya. Alat itu hendak dibuang karena pemiliknya tidak mengetahui fungsi dari alat tersebut. Lalu alat tersebut kami beli,” papar Ibu Sahidah, sambil menjelaskan nama alat-alat yang digunakan dalam proses menenun. Alat-alat yang diperlukan tersebut diantaranya ada Tarrawan, Luwing, Likasan, Ane’an dan Perumahan Tenun, di mana dalam alat-alat tersebut juga memiliki komponen alat yang masing-masing juga memiliki nama tersendiri.

Check Also

FSBM IX: Hasil Perlombaan

Oleh: Gusti Iwan MABMonline.org, Sambas — Berikut ini hasil dari pertandingan dari lomba-lomba yang diselenggarakan dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *