Home / Beranda / Sebuah Potret Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-68 RI

Sebuah Potret Perayaan Hari Kemerdekaan Ke-68 RI

Oleh: Gusti Iwan

(Foto: Iwan)
(Foto: Iwan)

MABMonline.org, Pontianak — Hari ini tanggal 17 Agustus 2013 adalah hari besar bagi Bangsa Indonesia, diperingati sebagai hari kemerdekaan Bangsa Indonesia. 68 tahun yang lalu, Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan selama ratusan tahun oleh bangsa Spanyol, Portugis, Belanda dan Jepang.
Bangsa-bangsa ini sangat tertarik menjajah Nusantara dengan satu tujuan yakni ingin mengambil semua hasil bumi dan sumberdaya yang ada untuk memperkaya negara mereka.

Saat ini berbagai aktivitas dilakukan oleh instansi pemerintah, TNI, Polri, pelajar dan masyarakat Indonesia untuk memperingati Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-68 ini. Pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara, Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai ke desa pun turut dilakukan. Tidak hanya itu, dengan berbagai kreativitasnya, ada juga yang melakukan upacara peringatan dan pengibaran bendera di bawah laut.

(Foto: Iwan)Berbagai perayaan juga dilakukan oleh warga Pontianak, di antaranya warga Gang Tenaga Baru di Sungai Jawi. Warga setempat tak kalah meriahnya mengadakan perayaan dengan mengadakan berbagai lomba untuk anak-anak dan dewasa.

Mulai dari lomba makan kerupuk, lomba membawa guli/kelereng dalam sendok, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba kartu remi, panjat pinang, dan jalan santai yang menyediakan berbagai hadiah dan doorprize.
Begitu meriahnya acara lomba disertai tawa penonton dan ceria anak-anak yang ikut lomba menambah semarak peringatan Hari Kemerdekaan ini.

(Foto: Iwan)
(Foto: Iwan)

Namun saat ini bisa dirasakan juga bahwa kemeriahan peringatan Hari Kemerdekaan sudah mulai berkurang. Dahulu semangat memeriahkan begitu kental terasa, hampir setiap gang, komplek perumahan, pinggir jalan, di sungai atau parit selalu terlihat berbagai macam lomba. Mulai dari lomba makan kerupuk, mengambil koin di buah, lomba karung, tepuk bantal, sampai panjat pinang yang sangat banyak hadiahnya supaya dapat menarik peserta untuk ikut memperebutkannya. Saat ini kebanyakan warga terasa kurang antusias mengadakan acara-acara lomba tersebut.

Check Also

Malam Ramah Tamah Bupati dan Kafilah FSBM IX

Oleh: Gusti Iwan MABMonline.org, Sambas —  Jum’at (23/8/2013), Bupati Sambas dr.Hj. Juliarti Djuhardi Alwi, M.Ph …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *