Home / Jurnalisme Warga / Segarnya Es Pisang Ijo

Segarnya Es Pisang Ijo

es-pisang-ijo
Oleh Ghina Ganeta

Pontianak Es Pisang Ijo merupakan kuliner khas daerah Makassar. Es pisang ijo ini sangat segar, manis, dan mengenyangkan. Paduan pisang, tepung beras plus bubur, sirup dan es serut membuat minuman ini benar-benar istimewa. Cocok dinikmati saat udara panas dan perut lapar.

“Sudah enam bulan terakhir ini dalam seminggu saya selalu menyuguhkan es pisang ijo untuk keluarga saya. Keluarga saya sangat menyukai Es Pisang Ijo ini karena sangat segar jika diminum pada saat cuaca panas,” ujar Sela. “Awalnya saya diberi es pisang ijo ini oleh teman yang berasal dari Makassar. Dari pertama saya mencoba es ini sangat enak dan rasanya juga berbeda dengan es-es yang pernah saya minum,” kata Sela lagi.

Merasa enak di lidahnya, Sela mulai ketagihan dengan es ini dan mencoba membuat Es Pisang Ijo. “Setelah itu saya mencoba membuat sendiri Es Pisang Ijo ini dengan mencari resep di internet. Percobaan pertama rasa Es Pisang Ijo-nya agak aneh, kemudian saya coba lagi untuk membuat Es Pisang Ijo ini lagi dan akhirnya berhasil. Rasa es pisang ijo buatan saya sama seperti buatan teman saya,” ungkap Sela dengan sedikit bangga.

“Setiap hari saya diberi es ini juga gak bakalan bosan. Kalau pas cuaca lagi panas-panasnya es ini sangat segar sekali. Apalagi kalau ditambah keju dan misis, weis….rasanya lebih mantap,” imbuh Riko, suami Sela. “Iya… suami saya paling suka kalau es pisang ijonya ditambah keju, kalau saya sih gak terlalu, saya lebih suka tidak ditambah apa-apa karena rasanya jadi tidak asli lagi.”

Ya….. es pisang ijo ini sangat enak sekali dan cara pembuatannya juga mudah. Pertama-tama, siapkan pisang, tepung beras, tepung kanji, gula pasir, santan, garam, daun pandan, dan sirup. Kemudian aduk tepung beras, tepung kanji, gula, air daun suji dan santan hingga larut. Masak di atas api kecil sambil aduk-aduk hingga kental dan matang. Angkat dan dinginkan.
Ambil 2-3 sdm adonan, ratakan di atas selembar daun pisang atau plastik tebal. Beri sepotong pisang di tengahnya. Bentuk adonan seperti pisang. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit, angkat dan dinginkan.

Untuk membuat buburnya, Aduk tepung beras dengan santan, pandan dan garam hingga larut. Masak di atas api sedang hingga kental dan matang. Angkat dan dinginkan. Mudah bukan? Selamat mencoba es pisang ijo yang segar, nikmatnya menggoda dijamin akan ketagihan. Yummmmi.

Check Also

Titik Nol Kilometer Indonesia: Pulau Weh?

Oleh Edi Yanto MABMonline.org, NAD —Dengan potensi bahari yang maha indah, Pulau Weh juga menarik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *