Home / Beranda / Sekadau Menang Sampan Bidar, Masyarakat Senang

Sekadau Menang Sampan Bidar, Masyarakat Senang

mabmonline.org-Tangkai lomba sampan bidar Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII untuk kontingen kabupaten dan kota telah selesai diselenggarakan. Dari loma tersebut, kontingen Sekadau maju sebagai pemenang.

Lomba yang berlangsung mulai pukul 8.00 pagi itu berlangsung dengan baik. Masyarakat sangat antusias. Mulai dari anak hingga orang tua memenuhi tepian sungai untuk menonton perlombaan tersebut.

Tangkai sampan bidar diakhiri pukul 11.00. Hasil akhir dari lomba tersebut, Sekadau tampil sebagai juara 1. Juara 2 dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Sambas sedangkan juara 3 dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Sintang. Juara 4 dimenangkan oleh kontingen Kapuas Hulu, juara 5 dimenangkan oleh kontingen Sanggau dan juara 6 dimenangkan oleh kontingen dari Melawi.

Sebagai tuan rumah, kemenangan kontingen Sekadau membuat masyarakat senang. Saimin (47), warga Sekadau mengaku sangat senang dengan lomba ini apalagi kontingen dari daerahnya maju sebagai pemenang pertama.

“Alhamdulillah Sekadau menang,” kata Saimin diwawancarai saat lomba selesai.

Saimin mengatakan, di Sekadau ini memang telah sering diadakan lomba sampan. Tahun ini  telah dilaksanakan tiga kali.

“Seperti inilah ramainya kalau pas lomba sampan,” kata Saimin menggambarkan antusias masyarkat atas lomba perahu  sangat tinggi.

Saimin mengatakan, memang beberapa tahun ini, sedang ramai lomba perahu. Sekadau sendiri biasanya menurunkan ratusan perahu saat lomba.

“Memang sedang ramai. Musimnya lomba perahu,” tambah Saimin.

Hal yang sama diungkap Eka (28) pemuda asli Sekadau ini mengatakan memang selama ini sudah sering dilaksanakan lomba sampan bidar. Masyarakat sangat antusias jika dilaksanakan lomba ini.

“Selalu ramai. Sampai seratusan lebih perahu yang turun,” ungkap Eka, diwawancarai di sela acara.

 

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *