Home / Beranda / Sekadau Sukses Selenggarakan Tangkai Pemilihan Bujang Dare

Sekadau Sukses Selenggarakan Tangkai Pemilihan Bujang Dare

mabmoline.org—Tangkai Pemilihan Bujang Dare merupakan tangkai yang pertama kalinya dilombakan pada Festival Seni dan Budaya Melayu (FSBM). Namun, hal tersebut bukan menjadi kendala bagi Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sekadau yang terbukti sukses menyelenggarakan tangkai tersebut.

“Ini merupakan yang pertama sekali Festival Seni dan Budaya Melayu menyelenggarakan tangkai bujang dan dare,” ungkap Chairil Effendy, Ketua MABM Kalbar, diwawancarai setelah selesai membagikan hadiah kepada pemenang, Rabu (8/11) di Aula Penanjung Island, Jalan Merdeka Timur Km 2.

Chairil mengatakan bahwa pantia cukup profesional dalam penyelenggaraan Tangkai Bujang Dare sehingga dapat berjalan dengan lancar. Ke depannya kita akan terus perbaiki dan tingkatkan kualitas penyelenggaraannya.

“Ke depannya lagi, saya berharap juga nanti setiap daerah mengirim. Kita berharap dua tahun ke depan 14 kabupaten kota bisa mengirim semuanya,” ungkap Chairil yang juga selaku ketua juri lomba Tangkai Pemilihan Bujang Dare itu.

Selain memberikan apresiasi kepada pantia, Chairil juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada peserta. Setelah melakukan tes psikologi kepada, semua peserta rata-rata hasilnya sangat positif dan ada yang mempunyai IQ di atas rata-rata dengan IQ 120. “Dari itu, kita bisa mendapatkan anak-anak kita yang berpotensi di bidang akademik,” tambahnya.

Chairil beharap, setelah selesai kegiatan FSBM ini, peserta bisa mengembangkan diri terus. Hal tersebut agar dalam event-event bujang dare yang akan datang mereka bisa ikut dan bisa menampilkan hasil pengembangan diri mereka selama dua tahun.

Kusmindari, wakil ketua DPP MABM Kalbar mengatakan bahwa Tangkai Pemilihan Bujang dan Dare ini merupakan yang pertama kalinya kita adakan secara profesional. Jadi pada pemilihan ini kita bukan hanya sekedar memilih peserta yang wajahnya cantik namun juga menekankan intelegensinya, bakatnya sehingga bujang dare yang terpilih memang benar mencerminkan bujang dare Melayu yang mampu dalam semua bidang.

“Ini merupakan yang pertama kalinya kita adakan secara profesional,” kata Kusmindari diwawancarai di sela tangkai Pemilihan Bujang Dare diselenggarakan, Rabu (7/11).

 

Check Also

Antusias Perempuan Melayu Mengikuti Ekshibisi Masakan Melayu

mabmonline.org , Sekadau – Ekshibisi masakan melayu diikuti perempuan melayu dari delapan MABM kabupaten di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *