Home / Beranda / Silat MABM Singkawang Rebut Juara Pertama

Silat MABM Singkawang Rebut Juara Pertama

Para pemenang tangkai lomba seni silat
Para pemenang tangkai lomba seni silat

Oleh Sabhan Rasyid

MABMonline.org, Putussibau—Pelaksanaan Tangkai Lomba Seni Silat di Gedung Indoor Voli diikuti oleh tujuh tim dari MABM kabupaten/kota. DPD MABM kabupaten/kota yang ikut serta dalam tangkai lomba ini, yaitu Ketapang, Singkawang, Kapuas Hulu, Kayong Utara, Sambas, Sintang, dan Sekadau. Berdasarkan penilaian dewan juri, MABM Kota Singkawang berhasil memenangi tangkai lomba ini.

Tim silat Kota Singkawang menampilkan sajian cerita tentang “Khataman Silat”. Dalam pertunjukannya, para pesilat kota Singkawang yang berkostum hijau menampilkan empat orang murid silat yang menyelenggarakan khataman silat. Proses khataman yang dipimpin oleh guru silat tersebut, diwarnai dengan aksi silat sebagai ujicoba sebelum khataman dilakukan.

Keserasian pukulan gendang dengan gerakan silat dan sajian cerita yang sangat menarik dari MABM Singkawag mendapat perhatian dari penonton dengan sangat antusias. Riuh tepung tangan juga sangat meriah ketika aksi membanting lawan silat diperagakan.

Perolehan juara pertama ini menurut pelatih dari tim silat Singkawang merupakan pencapaian target. “Hasil ini target kita yang tercapai setelah tahun lalu kita hanya juara 2 di Sambas, kalah dari Pontianak,” ungkapnya.

Ilyas juga mengatakan bahwa hasil ini bukanlah akhir dari segala perjuangan. “Kita belum lengkap empat belas MABM kabupaten/kota, nanti kalau semuanya hadir baru bisa katakan bahwa silat Melayu di Kalimantan Barat sudah kuat dan bersatu,” paparnya.

 

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *