Home / Beranda / Stan Budaya: MABM Sintang Layani Betangas Gratis

Stan Budaya: MABM Sintang Layani Betangas Gratis

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau—Jika beberapa stan  Pameran Budaya Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X  dari MABM kota/kabupaten memamerkan beberapa barang budaya dan berjualan kuliner, stan MABM Kabupaten Sintang lain sendiri. Dengan perlengkapan lengkap, beberapa petugas stan melayani betangas secara gratis ala Kabupaten Sintang.

Saat reporter mendatangi stan MABM Sintang, beberapa petugas berseragam Melayu lengkap langsung menyambut hangat. Tidak hanya itu, petugas juga langsung menawarkan langsung menawarkan MABMonline.org betangas gratis. “Kita sediakan gratis. Sampai saat ini peminatnya cukup banyak,” ungkap Eka (26) petugas stan MABM Kabupaten Sintang, Jumat (19/12/14) di GOR Uncak Kapuas.

Menurut Eka, sampai saat ini, dari awal stan dibuka, sekitar puluhan orang telah mencoba betangas gratis yang mereka sediakan. Ia mengatakan, rata-rata pengunjung yang mencoba bertangan adalah masyarakat Putussibau mulai dari bapak-bapak sampai ibu-ibu. “Rata-rata pengunjung hanya mampu bertahan 10 menitan,” tambahnya.

Menurut Eka, layanan ini akan terus ada sampai acara selesai. Ia mengatakan hal tersebut sesuai dengan tema yang mereka angkat yakni Betangas dari Sintang. Tema yang mereka angkat adalah ide dari Ketua Sanggar Sultan Nata Sintang, Gusti M. Fadli yang merangkul beberapa pemuda Sintang yang saat itu menjadi petugas stan.

Ada rempah 11 rempah yang digunakan dalam betangas ini yakni Serai Wangi, Ganti, Adas Manis Daun Nilam, Jeruk Purun, Kayu Manis, Kembang Perancak, Pucuk, Daun Pandan, Naswi, dan Kapu Laga. Sebelas rempah tersebut direbus dan uapnyalah yang digunakan untuk betangas.

Ahmad Jais (45), warga Putussibau yang mencoba betangas mengatakan bahwa Stan MABM Sintang inilah yang paling menarik. Ia mengatakan, kehadiran betangas membuat stan ini lebih berbeda dibanding stan-stan yang lain. “Rasanya enak sekali. Stan ini paling bagus,” tambahnya.

Ahmad mengatakan, setelah mencoba betangas ini, badan yang sebelumnya deman, keluarnya langsung segar kembali. Ia sangat mengapresiasi layanan yang telah diberikan oleh stan MABM Sintang.

Begitulah keunikan stan MABM Kabupaten Sintang yang lain dari stan-stan lainnya. Pelayanan dan dekorasi Melayu yang apik, baik itu dekorasi ruang maupun layanan prima pastinya memerlukan persiapan matang.

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *