Home / Jurnalisme Warga / Sukan Kesehatan Muhibah Borneo “Membangun Kesehatan di wilayah Borneo”

Sukan Kesehatan Muhibah Borneo “Membangun Kesehatan di wilayah Borneo”

Oleh:Gusti Ekha Firmanda

Pontianak – Sukan Kesehatan Muhibah Borneo adalah pertandingan persahabatan olahraga dan seni budaya. Demikianlah yang diungkapkan oleh sekretaris panitia, Hary Agung Tjahyadi ketika ditemui usai pembukaan acara, Kamis (21/3).
Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh empat tim dari tiga negara. Tim-tim yang berpartisipasi adalah tim Kal-Bal, Kal-Tim, Sarawak, dan Brunai Darussalam. Hanya Labuan dan Sabah yang tidak ikut berpartisipasi pada tahun ini karena alasan keamanan. Sabah hanya mengutus satu orang perwakilan, sedangkan Labuan tidak ada mengirim perwakilan sama sekali.
Tercatat sekitar 530 peserta akan mengikuti sukan kesehatan kali ini. Acara sukan tahun ini adalah acara yang ke enam kalinya setelah berhasil tahun lalu digelar di Sarawak. Sedangkan Kal-Bar baru kali ini dipercayai menjadi tuan rumah sukan kesehatan ini.
Adapun rangkaian kegiatan yang akan dipertandingkan adalah delapan cabang olahraga prestasi seperti sepakbola, futsal, volly, tennis meja, tennis, badminton, bilyard, golf  dan dua cabang olah raga hiburan seperti poco-poco dan tarik tambang. Sedangkan seni budaya yakni karaoke berpasangan dan tarian budaya. Pada tahun ini kegiatan ditambah dengan acara pendukung seperti seminar dan pameran kesehatan.
Tujuan akhir dari acara ini sendiri adalah untuk menjalin kerjasama ketiga negara di bidang kesehatan agar bisa membangun kesehatan di wilayah Kalimantan ini. Seperti yang di katakan oleh Hary Agung Tjahyadi, “Peningkatan kerjasama kesepemahaman dalam membangun kesehatan di wilayah Borneo agar insan-insan kesehatan ini bisa memberikan contoh dengan style hidup sehat”.

Check Also

Orasi Mahasiswa Tolak UU PT

Oleh: Mariyadi Sejumlah mahasiswa dari berbagai elemen, GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, dan HMKR (Himpunan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *