Home / Beranda / Tangkai Lomba Bertutur, Kontingen Kota Pontianak Juara 1

Tangkai Lomba Bertutur, Kontingen Kota Pontianak Juara 1

Foto Romi, peserta dari kontingen pontianak sedang betutur cerita penjage sungai kapuas
Foto Romi, peserta dari kontingen pontianak sedang betutur cerita penjage sungai kapuas

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Pontianak—Tangkai Lomba Bertutur yang diadakan di Gedung Indoor Voly, Jalan Gajah Mada, Putussibau, Senin (22/12/14) dimenangkan oleh perwakilan dari Kontingen Kota Pontianak.

Romi (23) merasa bangga bisa membawa nama Kota Pontianak sebagai juara bertutur. Ia juga merasa senang telah ikut bersama-sama kontingen yang mengikuti tangkai ini untuk mengangkat marwah Melayu. “Yang pasti telah mengangkat kembali kearifan lokal yang berupa cerita rakyat,” tambah Romi.

Kata Romi, ia bersama timnya mempersiapkan ini selama satu bulan. Agar tampil dengan baik dalam ajang ini, mereka telah melakukan wawancara dan riset tentang cerita rakyat kepada orang-orang tua di daerah mereka. “Intinya jangan mudah puas, dan terus belajar,” pungkas Romi yang juga anggota Sanggar Teater Baret itu.

Ketua Juri yang akrab dipanggil Bang Boy mengatakan materi, gagasan, dan kearifan lokal dalam betutur ini memang sangat kental. Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan, penampilan peserta telah baik dan sangat memuaskan. “Retorika, teknik, dan penampilan peserta beda-beda tipis,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bang Boy berharap dengan keputusan yang telah diambil, tidak ada peserta yang bersalah paham. Ia mengatakan dalam perlombaan ini, kalah dan menang bukanlah suatu hal yang penting. “Yang lebih penting lagi adalah usaha bersama-sama untuk mengangkat marwah Melayu dalam kegiatan Festival Seni Budaya Melayu,” katanya.

Acara berlangsung dengan aman dan damai. Meski selesai pada bakda Magrib, para peserta dan penonton tetap setia menunggu keputusan juri. Adapun keputusan juri tentang juara Tangkai Lomba Betutur adalah: juara 6 dimenangkan oleh kontingen dari Sambas, juara 5 dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Kapuas Hulu, juara 4 dimenangkan oleh Kabupaten Mempawah, juara 3 diemengkan oleh Kontingen dari Ketapang, dan juara 2 dimenangkan oleh Kontingen dari Kabupaten Singkawang.

 

 

Check Also

Jepin Tali Bintang Pontianak Juara Tangkai Jepin

mabmonline.org , Sekadau – Jepin Tali Bintang yang dibawakan oleh grup jepin dari MABM Pontianak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *