Home / Beranda / Tangkai Lomba Busana Melayu Anak Memukau Penonton

Tangkai Lomba Busana Melayu Anak Memukau Penonton

Oleh Asmirizani

MABMonline.org, Putussibau Delapan pasang peserta tangkai lomba busana melayu anak-anak memperagakan gerakan dan busana yang memukau penonton di gedung indoor volli, Minggu (21/12). Pukul 08.00 acara busana melayu anak-anak dimulai. Peserta memasuki pentas dengan gerakan yang gagah dan anggun. Peserta membentuk barisan memanjang di atas panggung secara berpasangan menghadap pada juri dan penonton. Peserta memberi hormat dan salam pada hadirin yang hadir.

Peserta busana melayu anak kategori perempuan (Foto Asmirizani)
Peserta busana melayu anak kategori perempuan (Foto Asmirizani)

Satu-persatu peserta perempuan berjalan di atas panggung yang luas memperagakan gerakan menarik perhatian juri. Peserta perempuan memperagakan gerakan pada kain penutup rambut. Setelah delapan peserta perempuan berjalan memperagakan gerakan memukau, peserta perempuan berkumpul berjejer di atas pentas. Tiga juri yang terdiri dari Iche Cuharti, Rahmawati, dan Herawati menghampiri peserta perempuan memeriksa make up, sanggul, dan kerapian pakaian secara dekat. “Pertama kami menilai jalan peserta di atas pentas. Setelah itu, kami menghampiri peserta untuk melihat make up wajah, pemasangan sanggul, penggunaan baju kurung, dan penggunaan kain,” ujar Iche.

Peserta busana melayu anak kategori lelaki (Foto Asmirizani)
Peserta busana melayu anak kategori lelaki (Foto Asmirizani)

Usai peserta perempuan, kini giliran peserta lelaki satu-persatu memasuki pentas berjalan gagah yang memukau penonton. Wajah tampan menggemaskan memukau para kaum hawa. Langkah kaki dan gerakan tangan yang seirama dengan alunan musik penggiring. Sama halnya dengan peserta perempuan, juri juga menghampiri peserta lelaki untuk memeriksa make up dan kerapian pakaian.”Busana yang dikenakan peserta lelaki sudah dapat dikatakan rapi,” ujar Iche.

Setelah melakukan perundingan lama, dewan juri mengumumkan hasil perlombaan di atas pentas. Kerumitan dalam menyamakan persepsi dewan juri terselesaikan dengan hasil musyawarah juri. “Kami berunding mencari titik temu. Semua peserta hampir nyaris sempurna,” ungkap Iche.

Juri busana melayu anak pada FSBM X (Foto Asmirizani)
Juri busana melayu anak pada FSBM X (Foto Asmirizani)

Peserta tangkai lomba busana melayu anak kategori perempuan dimenangkan oleh kontigen Singkawang dengan total nilai 1270. Pemenang kedua oleh kontigen Kapuas Hulu dengan total nilai 1175, pemenang ketiga oleh kontigen Sintang dengan total nilai 1170, Pemenang harapan satu oleh kontigen Ketapang dengan total nilai 1160, Pemenang harapan dua oleh kontigen Mempawah dengan total nilai 1140 dan Pemenang harapan tiga oleh kontigen Sambas dengan total nilai 1120.

Pemenang lomba busana melayu anak kategori perempuan (Foto Asmirizani)
Pemenang lomba busana melayu anak kategori perempuan (Foto Asmirizani)

Sedangkan peserta tangkai lomba busana melayu anak kategori lelaki dimenangkan oleh kontigen Sambas dengan total nilai 1200. Pemenang kedua oleh kontigen Mempawah dengan total nilai 1175, pemenang ketiga oleh kontigen Singkawang dengan total nilai 1160, Pemenang harapan satu oleh kontigen Kapuas Hulu dengan total nilai 1150, Pemenang harapan dua oleh kontigen Sintang dengan total nilai 1130, dan Pemenang harapan tiga oleh kontigen Ketapang dengan total nilai 1110.

Pemenang lomba busana melayu anak kategori lelaki pada FSBM X (Foto Asmirizani)
Pemenang lomba busana melayu anak kategori lelaki pada FSBM X (Foto Asmirizani)

Check Also

Sultan Hamid II, Sang Perancang Lambang Negara yang Terlupakan

Oleh: Nur Iskandar Tepat di hari Kartini, (21/4), Seminar Nasional Meluruskan Sejarah Sultan Hamid Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *