Home / Jurnalisme Warga / UKM Pramuka Untan Adakan Acara Tanjungpura’s Scoutmentship Camp 2013

UKM Pramuka Untan Adakan Acara Tanjungpura’s Scoutmentship Camp 2013

Oleh MariyadiCIMG2047

MABMonline.org, Pontianak—Selasa (23/04/13) UKM Racana Junjung Buih Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak atau yang lebih dikenal dengan nama Pramuka Untan itu mengadakan acara perkemahan yang mereka namai dengan Tanjungpura’s Scoutmentship Camp 2013 di stadion Universitas Tanjungpura. Acara tersebut dilaksanakan selama 6 hari dimulai pada tanggal 21 sampai 27 april 2013 diikuti sebanyak 380 peserta yang terbagi atas beberapa kabupaten dikalimantan barat, bertemakan “Gerakan Pramuka Sebagai Wadah untuk Pendidikan Karakter  Berdasarkan Kebhinekaan”.

“Kegiatan kita ada dua bagian. Ada yang non lomba dan kegiatan lomba,” ujar Marega ketua Panitia acara.

Menurut Marega, kegiatan ini dibagi atas dua bagian yaitu kegiatan yang berbau pramuka dan kegiatan yang tidak berbau pramuka. Kegiatan yang bersifat lomba seperti penjelajahan, hasta karya, permainan rakyat dan sebagainya dan acara yang non lomba diantaranya acara baksos dan wisata.

“Pesertanya dari acara ini adalah tingkat penegak dan panega,” tambah Marega.

Menurut Marega, peserta yang ikut dalam acara ini adalah pada tingkat  tingkat penegak dan panega. Rata-rata  tiap sekolah dalam satu kabupaten mengirim 10 orang peserta.

“Kegiatan ini adalah memperingati hari bapak pandu seduni yaitu bapak Lord Robert Baden Powell of Gilwell  dan hari R.A. Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April ini” tambah Marega.

Menurut Jumilah, peserta dari SMA 1 Siantan mengatakan bahwa kegiatan pramuka ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa. Masing-masing dari kegiatan tersebut pun mengandung segi positifnya. Dalam perkemahan ini meskipun kita berbeda, kita diajarkan untuk bersatu. “Dalam kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu, dalam satu bumi perkemahan rasa kekeluargaanya sangat erat, kayak keluarga sendiri,” tambah Jumilah.

Check Also

PENGGUGAH SELERA DARI MASA LAMPAU

Oleh Lia Nalita MABMonline.org, Pontianak — Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *