Home / FSBM X / Uri Gasing FSBM X, Kubu Raya Juara I

Uri Gasing FSBM X, Kubu Raya Juara I

MABMonline.org, Putussibau—Sebagai rangkaian acara Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) X, Lomba Uri Gasing yang dilaksanakan di depan Rumah Dinas Bupati Kapuas Hulu, Kedamin, berlangsung meriah. Hasil akhir yang didapat yakni Kubu Raya juara I mengalahkan 6 pesaingnya dengan nilai 7, dan waktu uri gasing mencapai 21 menit 15 detik.

“Ini benar orang professional,” ungkap Taufik (66) peserta Uri Gasing dari Kubu Raya.

Menurut Taupik, orang-orang yang diutus dari Kubu Raya ini memang orang-orang yang telah profesional dan telah senior. Sedangkan anak-anak atau anak muda tidak dapat mereka ikut sertakan karena rata-rata masih belum libur sekolah. “Anak-anak sekolah, jadi tidak bisa ikut,” tambah Taufik.

Taufik mengatakan, di tempat mereka tinggal (Kubu Raya), sering permaian ini dimainkan. Hampir rutin dua kali seminggu, permainan rakyat ini mereka mainkan bersama-sama. Bahkan ia bersama warga yang lain sering mengadakan pertandingan persahabatan antara pemain gasing dari luar daerah seperti Kota Lama, Sambas. “Tua muda anak kecil pun ada ikut,” Jelas taupik.

Taufik juga menjelaskan, Gasing ini tidak beda dengan segi kehidupan manusia. Gasing yang berputar harus seimbang, begitu juga dengan hidup manusia yang harus seimbang. “Kami bermain gasing sejak SMA,” pungkas Taufik.

Lomba Uri Gasing yang dimulai pukul 08.00 itu diikuti oleh 7 kontingen. Kabupaten Sambas mendapat juara dua dengan nilai 6 dan waktu uri 20.30 detik. Kabupaten Mempawah mendapat juara 3 dengan nilai 5, dan waktu uri gasing selama 18.59 detik. Sedangkan Kota Singkawang dengan nilai 4 dan waktu uri gasing selama 13.33. Kabupaten Ketapang dengan nilai 3 dan waktu uri 11.24. Kabupaten Kapuas Hulu dengan nilai 2. Terakhir Kabupaten Kayong Utara dengan nilai 1.

 

 

Check Also

Rabu Depan, Ada yang Beda dengan Seragam PNS

Oleh Mariyadi mambonline.org, Jakarta—Rabu depan (10/2/2016), akan ada perbedaan pada pakaian dinas Pegawai Negeri Sipil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *