Home / Beranda / Vokal Grup, Kota Pontianak: Setelah Dua Tahun Juara 2, Tahun Ini Juara 1

Vokal Grup, Kota Pontianak: Setelah Dua Tahun Juara 2, Tahun Ini Juara 1

Oleh Mariyadi

MABMonline.org, Putussibau—Keberuntungan kembali menimpa Kontingen Pontianak. Bagaimana tidak, setelah dua tahun langganan juara 2, tahun ini Kontingen Pontianak meningkatkan prestasi menjadi juara pertama.

Vokal Grup dari Kontingen kota Pontianak memenangkan tangkai lomba Vokal setelah mengalahkan enam pesaingnya dalam Fesetival Seni Budaya Melayu (FSBM) X GOR Uncak Kapuas, Putussibau, Sabtu malam (20/12/14).

“Di tahun pertama kami juara ke dua, tahun ke dua juara dua, dan tahun ini juara pertama,” kata Topan, satu di antara pemain alat musik Vokal Grup Kota Pontianak, diwawancarai setelah pembagian hadiah.

Topan mengatakan, meskipun hanya berlatih selama seminggu dengan proses yang sangat total dan latihan yang maksimal mereka dapat tampil prima dalam penampilan malam itu. Topan juga mengatakan, pada lagu wajib apak aloi, mereka tetap mengambil nada aslinya. Namun, ada beberapa yang mereka ubah menjadi aliran Bosa dan Salasa. “Tapi dipertengahan lagu mereka ubah aransememnya menjadi lebih mellow,” ungkap Topan.

Topan juga menjelaskan, di lagu pilihan yakni lagu Aek Kapuas, pada awalnya mereka masih menggunakan nada asli dari lagu tersebut. Namun, dipertengahan lagu, mereka sedikit mengubah nadanya. “Dan kami ubah dari segi vokal,” kata Topan.

Dalam kesempatan tersebut, Topan berharap peserta dari Pontianak yang selanjutnya akan ikut dapat mempertahankan prestasi yang telah mereka raih. Topan juga berpesan kepada kontingen-kontingen yang ingin mengikuti lomba vokal grup, banyak-banyaklah mendegarkan referensi dari media-media yang sangat mudah dijangkau. “Jangan mendengarkan satu aliran saja,” ungkap mahasiswa Prodi Seni Tari dan Musik Universitas Tanjungpura, Pontianak itu.

Di tempat yang sama, Rifai, Ketua Dewan Juri Tangkai Lomba Vokal Grup mengatakan, beberapa kontingen selama beberapa tahun ini memperlihatkan perkembangannya. Ia juga mengakui bahwa kota Pontianak dari tahun ke tahun telah memperlihatkan perkembangannya. “Penampilan peserat banyak perubahan. Kalau Kota Pontianak dulunya tidak menarik, sekarang sangat menarik,” jelas Rifai yang selama beberapa tahun terahkir menjadi juri dalam Tangkai Lomba Vokal Grup.

Rifai juga mengatakan untuk menjadi pemenang, sebuah vokal grup harus kreatif dalam memadukan setiap unsur yang ada. Seperti Kota Pontianak yang telah memadukan lagu melayu dengan aransemen yang lebih modern. Ia mengakui bahwa Kota Pontianak telah bermain sangat kreatif. Unsur-unsur dalam Vokal Grup baik itu dinamaik, kompisisi, dan kekompakan dalam harmonisasi musik telah dipenuhi oleh Kota Pontianak

“Kota lebih bersih, lebih kreatif, semua persyaratan dalam Vokal grup sudah dapat,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 8 itu berahir pukul 24.00 berjalan lancar dan damai. Pengunjung yang hadir pun sangat ramai sekali dan hampir memenuhi GOR Uncak Kapuas. Acara tersebut juga diisi dengan penampilan Rebana Jami’atunnisa dan adapula door prise yang diberikan oleh pihak Maskapai Garuda Indonesia. Acara pun diakhiri dengan pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum MABMKB dan Bupati Kapuas Hulu.

Adapun urutan pemenang Tangkai Lomba Vokal Grup adalah: juara harapan 3 dengan nilai 1040 dimenangkan oleh kontingen dari Kapuas Hulu. Juara harapan 2 dengan nilai 1080 dimenangkan Kota Singkawang. Juara harapan 1 dengan nilai 1100 dimenangkan kontingen dari Kabupaten Mempawah. Juara 3 dengan jumlah nilai 1156 dimenangkan oleh Kabupaten Melawi. Juara ke dua dengan nilai 1194 dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Sintang.

Check Also

Memilih Peserta dengan Baik, Kunci Pontianak Juarai FSBM XII

mabmoline.org, sekadau—Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII telah resmi ditutup pada Sabtu (10/11) di Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *