Home / Beranda / Walikota Resmikan Rumah Melayu Singkawang

Walikota Resmikan Rumah Melayu Singkawang

Lambang MABMKB

Oleh Sabhan Rasyid dan Yudhistira

MABMonline.org, Singkawang— Walikota Singkawang, H. Awang Ishak, M.Si. meresmikan Rumah Melayu Kota Singkawang, Sabtu (31/). Acara yang dimulai pukul 09 pagi tersebut dihadiri oleh sekitar 400 undangan yang terdiri atas petinggi MABM, pejabat setempat, dan pemuka adat Melayu. Seluruh tamu yang hadir mengenakan pakaian khas Melayu sebagai bentuk identitas Melayu.

Acara peresmian Rumah Melayu Kota Singakawang tersebut dilakukan di lokasi pembangunan di Jalan Alianyang (bekas gedung serba guna juang) Singkawang dan dilengkapi dengan hiburan musik tanjidor. Pembangungan yang telah dirintis sejak tahun 2005 tersebut akhirnya rampung di tahun 2014. “Saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan Rumah Melayu ini yang telah diperjuangkan sejak tahun 2005 dan akhirnya rampung pada tahun ini,” ungkap Awang Ishak saat menyampaikan sambutannya.

Keberadaan Rumah Melayu di Kota Singkawang memang untuk yang pertama. Sebagai ikon budaya yang harus dilestarikan, Rumah Melayu Kota Singkawang sudah semestinya untuk dijaga sebagai bentuk pelestarian budaya. “Kita sekarang bisa berbangga atas rampungnya pembangunan Rumah Melayu ini sebagai bentuk pelestarian budaya,” tambah Walikota Singkawang tersebut.

Di akhir sambutannya, Walikota Singkawang berpesan kepada semua elemen masyarakat untuk selalu menjaga Rumah Melayu yang menjadi kebanggaan semua warga. “Semoga Rumah Melayu ini bermanfaat sebagaimana mestinya dan mari kita sama-sama menjaganya,” pungkas Awang Ishak.

Rumah Melayu ini diresmikan dan segera dioperasikan penggunaannya setelah peresmian dilakukan. Peresmian yang berakhir sekitar pukul 11 siang tersebut diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Singkawang dan acara makan besaprah para tamu undangan.

 

Check Also

Tarian Tanda’ Sambas Wajib Dilestarikan Oleh Pemuda

Oleh Asmirizani MABMonline.org, Sambas— Workshop tarian Tanda’ Sambas dilaksanakan di pentas kantor Bupati Sambas pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *