Home / Beranda / Warga Datangi Gedung Indoor Volli untuk Menonton Lomba Tangkai Syair

Warga Datangi Gedung Indoor Volli untuk Menonton Lomba Tangkai Syair

Oleh Asmirizani

MABMonline.org, Putussibau—Gedung indoor volly sejak pagi sudah didatangi warga Putussibau untuk menyaksikan lomba tangkai syair Melayu, jumat, (19/12). Anak-anak hingga orang tua menyaksikan lomba tangkai syair Melayu. Tak heran masyarakat Putussibau berantusias untuk menyaksikan lomba tangkai syair Melayu. Peserta yang mengikuti tangkai lomba syair berjumlah 20 orang. Wanita berjumlah sepuluh dan perempuan berjumlah sepuluh.

Perlombaan ini diikuti setiap kontigen FSBM X dengan ciptaan syair dan pembacaan syair khas daerah sendiri. Pembacaan syair Melayu setiap daerah berbeda. Ada pembacaan syair Siti Jubaidah dan ada pembacaan syair gulung. Syair yang membuat penonton terkesima. Suara alunan dari pembaca syair membuat seseorang terhanyut dengan pesan yang disampaikan. Berupa pesan kebudayaan bahkan pesan keagamaan.

Seperti halnya syair yang dibawakan oleh Feti (15) peserta dari Sambas. Ia membawakan syair berjudul Akad Menjelang Akad Nikah karya Gusti Arif Krisna yang berisi nasihat keagamaan sebelum menikah.

“Syair ini dibuat oleh Gusti Arif Krisna dengan judul Akad Menjelang Akad Nikah. Syair ini berkisah mengenai nasihat sebelum menikah. Syair yang dibacakan dengan khas Melayu Sambas. Saya menampilkan semaksimal dengan hanya latihan selama satu minggu,” ujar Feti.

Feti: Peserta tangkai lomba syair Melayu usai turun dari pentas
Feti: Peserta tangkai lomba syair Melayu usai turun dari pentas

Riuh tepuk tangan dari para penonton menyemarakkan gedung indoor volly. Rangkaian lomba ini bukan hanya mencari menang dan kalah tetapi terjalinnya silaturahmi yang erat antara puak Melayu. Peserta bersemangat menampilkan pembacaan syair Melayu dengan khidmat. Terlihat beberapa peserta bersalaman bahkan berpelukan.

Check Also

Problematika Pengajaran Sastra di Lembaga Pendidikan Formal

Pengajaran sastra pada dasarnya memiliki peranan dalam peningkatan pemahaman siswa. Apabila karya-karya sastra tidak memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *