Home / Jurnalisme Warga / Wisata Pepes Kerang Mangga

Wisata Pepes Kerang Mangga

Oleh Dita Alfianata

MABMonline.org, Pontianak — Kegiatan liburan kali ini saya manfaatkan untuk mengunjungi daerah wisata pantai tanjung belandang yang berada di Ketapang, Minggu (8/4). Pengalaman berwisata kuliner yang tidak terlupakan dengan mencicipi salah satu ciri khas daerah Pepes Kerang Mangga, yang rasanya dapat menggugah selera.

Menu andalan adalah pepes kerang mangga, “Menu andalan di tempat ini adalah Pepes Kerang Mangga, sesuai dengan hasil pantai,” tutur Herry penduduk sekaligus pemilik kedai. “Bahan yang digunakan Kerang 300 gram, mangga muda 2 buah, garam ½ sendok teh, daun pisang secukupnya untuk membungkus, tomat 4 buah, bumbu halusnya bawang merah 8 buah, bawang putih 4 siung, kemiri 10 butir, ketumbar 1 sendok teh, cabe merah besar 3 buah, cabe merah kecil 6 buah,” tutur pemilik kedai.

Ditambahkannya, cara pembuatan pepes kerang mangga, “Cara membuat pertama-tama tumis bumbu hingga layu, langkah kedua pindahkan ke dalam mangkuk, masukkan kerang, mangga muda, dan tomat aduk rata dan tambahkan garam dan gula, aduk hingga rata, langkah ketiga ambil daun pisang yang sudah dipanaskan, bentuk seperti takir dengan ukuran kecil, masukkan pepes kering mangga, langkah terakhir siapkan kukusan, kukus pepes kerang mangga selama 15-20 menit. Sajikan.”

Rasanya dapat memuaskan lidah pengunjung yang menyantap masakan itu “Masakan ini memang dibuat untuk memanjakan lidah pengunjung, apalagi di suasana pantai dan harga untuk satu porsi juga sangat terjangkau,” tutur Mely, salah satu pelayan kedai.

Aneka rasa dari masakan pepes kerang mangga membuat pengunjung ketagihan “Asam manis pedas dijamin dapat menggugah selera makan pengunjung yang sedang menikmati panorama pantai,” tutur Doni (23), salah seorang pengunjung kedai.

Check Also

Titik Nol Kilometer Indonesia: Pulau Weh?

Oleh Edi Yanto MABMonline.org, NAD —Dengan potensi bahari yang maha indah, Pulau Weh juga menarik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *